Respons Isu Capres Pukul Wamen, Prabowo: Saya Belum Pernah Ketemu

Prabowo mengaku belum pernah bertemu dengan Wamentan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto merespons isu tentang adanya calon presiden (capres) yang menampar dan mencekik wakil menteri (wamen) ketika rapat terbatas (ratas). Sosok yang diisukan ditampar dan dicekik adalah Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi.

Prabowo menegaskan, selama ini belum pernah bertemu dengan Wakil Menteri Pertanian.

"Saya ketemu saja belum dengan wamen-nya," ujar Prabowo saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau PT Pindad, Bandung, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga: Soal Isu Capres Tampar Wamen, Jokowi: Tak Ada Peristiwa Itu

1. Prabowo sedang pelajari apakah akan buat laporan polisi atau tidak

Respons Isu Capres Pukul Wamen, Prabowo: Saya Belum Pernah KetemuMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengaku sedang mempelajari apakah akan membuat laporan polisi atau tidak tentang hal tersebut. Namun, Ketua Umum Gerindra itu mengaku ingin suasana politik dalam keadaan sejuk.

"Ya, bisa sejuk-sejuk, tapi nanti sedang diproses dan dipelajari," kata dia.

Sementara itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut, saat ini Prabowo lebih bersabar.

"Pak Prabowo sekarang sabar, kok," ucap Jokowi.

Baca Juga: Respons Bawaslu soal Isu Bakal Capres Lakukan Kekerasan ke Wamen

2. Jokowi minta masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi

Respons Isu Capres Pukul Wamen, Prabowo: Saya Belum Pernah KetemuPresiden Jokowi kunjungi Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi kemudian meminta masayarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi. Sebab, pada tahun politik ada sejumlah informasi tidak benar yang kerap beredar.

"Dalam situasi politik seperti ini, pasti banyak isu-isu seperti itu. Jadi, tolong di-cross check kebenarannya," kata dia.

Baca Juga: Jokowi soal Data Intelijen: Itu Makanan Saya Sehari-hari

3. Isu berawal dari media sosial

Respons Isu Capres Pukul Wamen, Prabowo: Saya Belum Pernah KetemuIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, frasa wakil menteri tengah menjadi perbincangan di media sosial sepanjang Senin (18/9/2023).

Hal itu dipicu dari narasi sebuah akun media sosial yang menyebut, ada seorang wakil menteri yang baru-baru ini menerima tindak kekerasan dari bakal capres di ruang rapat kabinet Istana Kepresidenan. 

Narator di video tersebut, Alifurrahman Asyari, mengaku tidak menyaksikan aksi tindak kekerasan dari bakal capres ke wamen tersebut. Ia mengaku diceritakan ulang oleh salah satu staf yang menyaksikan peristiwa kekerasan itu. 

Alifurrahman juga tidak menyebut wamen dari kementerian mana yang disebut-sebut dicekik dan sempat ditampar itu. Ia hanya mengatakan, pekerjaannya yang bersifat lintas kementerian tidak dibantu oleh menteri yang juga jadi capres tersebut. Padahal, program yang harus dikerjakan oleh bakal capres itu adalah instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

Pada saat bersamaan, Kementan mengeluarkan pernyataan tertulis bahwa Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi, tidak pernah terjadwal hadir di rapat terbatas Istana dalam kurun waktu 10 hari terakhir.

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan Wakil Menteri Pertanian saat mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Kementan mengatakan bahwa tidak benar perihal kehadiran Wamentan dalam kegiatan tersebut," ujar Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan, Arief Cahyono, kepada IDN Times melalui pesan pendek, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Ramai Isu Wamen Ditampar Capres, Kementan: Wamentan Tak Hadir di Ratas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya