Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Jokowi Revitalisasi SDN 020 Sepaku IKN

Sejumlah fasilitas pendidikan tersedia setelah revitalisasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan peletakan batu pertama revitalisasi SDN 020 Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, kualitas pendidikan di Indonesia harus ditingkatkan.

Menurutnya, ada sejumlah fasilitas yang bakal tersedia setelah SDN 020 Sepaku yang terletak di kawasan Ibu Kota Nusantara itu direvitalisasi.

"Ada ruang kelas, ada laboratorium IPA dan TIK, ada perpustakaan, ada kelas amphitheater, ada kantin, ada tempat baca, ada lapangan multifungsi, ada area hijau, ada konservasi embung, dan fasilitas pendukung lainnya," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Laris Manis, Jokowi Groundbreaking Banyak Proyek di IKN

1. Jokowi sebut ada lima sekolah lain di kawasan IKN yang direvitalisasi

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Jokowi Revitalisasi SDN 020 Sepaku IKNPresiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama untuk revitalisasi SDN 020 Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi menerangkan, ada lima sekolah lain di kawasan Ibu Kota Nusantara yang direvitalisasi. Dia berharap, kualitas pengajaran dan sumber daya manusia (SDM) bisa meningkat setelah adanya penambahan sarana dan prasarana pendidikan.

"Nanti anak-anak kita semuanya bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik dengan sarana-prasarana yang kualitasnya juga baik," ucap dia.

Baca Juga: PDIP Pertanyakan Keputusan Jokowi Pilih Agus Subiyanto Jadi Panglima

2. Jokowi sampaikan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Jokowi Revitalisasi SDN 020 Sepaku IKNPresiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama untuk revitalisasi SDN 020 Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra yang turut membantu meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan IKN.

"Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra. Semoga ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita," kata dia.

Baca Juga: Laris Manis, Jokowi Groundbreaking Banyak Proyek di IKN

3. Harap ada ekosistem pendidikan di sekolah dasar yang berkualitas

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Jokowi Revitalisasi SDN 020 Sepaku IKNDirektur Astra, Gita Tiffani Boer (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Direktur Astra, Gita Tiffani Boer berharap ada ekosistem pendidikan di sekolah dasar yang berkualitas di kawasan IKN.

"Kami berharap pasca revitalisasi, SDN 020 Sepaku dapat menjadi sekolah yang unggul, cerdas, dan berkelanjutan, dan dapat menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lainnya, sehingga mengakselerasi ekosistem pendidikan sekolah dasar yang berkualitas di Ibu Kota Nusantara,” ujar Gita.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR), Gunawan Salim menerangkan revitalisasi itu merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Pembangunan SDN 020 Sepaku menjadi cermin dari dedikasi kami terhadap peningkatan sektor pendidikan di Indonesia, terutama dalam menjaga keamanan siswa dari banjir yang sebelumnya melanda sekolah binaan kami ini. Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem belajar yang produktif bagi anak-anak kita dan generasi mendatang," ucap Gunawan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya