Inilah Pasukan Cordon, Penyambut Kepala Negara di KTT ASEAN 2023

Pasukan cordon dipilih dari prajurit militer TNI AD terbaik

Jakarta, IDN Times - Para pimpinan negara mitra ASEAN telah tiba di Indonesia untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa-Kamis (5-7/9/2023).

Para tamu yang hadir mendapat penghormatan militer oleh Pasukan Kehormatan atau Pasukan Cordon dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Pasukan Cordon merupakan prajurit-prajurit militer TNI Angkatan Darat (AD) terbaik.

1. Bertugas mengawal protokoler kenegaraan dan menyambut kepala negara

Inilah Pasukan Cordon, Penyambut Kepala Negara di KTT ASEAN 2023Presiden Jokowi hadir di KTT ASEAN-AS, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Paspamres bertugas mengawal protokoler kenegaraan. Pasukan inilah yang menyambut para kepala negara yang hadir pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

"Tugas Pasukan Cordon menyambut kedatangan kepala-kepala negara yang menghadiri KTT ke-43 ASEAN," ujar Komandon Pleton Pasukan Kehormatan Cordon, Letda CPM Sumarjo Sianturi, dalam tayangan video Sekretariat Presiden, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: Kamala Harris, Satu-satunya Pemimpin Perempuan di KTT ASEAN 2023

2. Pasukan Cordon mengenakan seragam yang berbeda dengan pasukan lain

Inilah Pasukan Cordon, Penyambut Kepala Negara di KTT ASEAN 2023Mohamad Hasan ketika masih menjabat Brigjen TNI dan melakukan serah terima tugas komandan grup A Paspamres kepada Brigjen Tri Budi Utomo (Dokumentasi Paspampres)

Dia menjelaskan, Pasukan Cordon mengenakan seragam yang berbeda dengan pasukan lainnya.

"Jika saat kepala-kepala negara di Istana (Presiden) kita mengenakan (seragam) merah putih. Tapi saat KTT ASEAN ini kita istimewa menggunakan baju Pasukan Cordon," ujar Sumarjo.

Sumarjo menambahkan, untuk Gala Dinner atau gelaran makan malam dan acara resmi yang dihadiri oleh para kepala negara, Pasukan Cordon akan mengenakan seragam berwarna hitam.

3. Pasukan Cordon telah melakukan persiapan matang untuk gelaran KTT ke-43 ASEAN

Inilah Pasukan Cordon, Penyambut Kepala Negara di KTT ASEAN 2023Presiden Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN , di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sumarjo mengatakan, Pasukan Cordon telah melakukan persiapan matang untuk menyambut kepala negara yang hadir di KTT ke-43 ASEAN.

"Selama kita melaksanakan latihan, kendalanya tidak ada. Semuanya aman, lancar dan terkendali," ujarnya. 

Baca Juga: Indonesia Ajak ASEAN Tagih Insentif ke Amerika Serikat

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya