Rayakan Hari Olahraga Nasional, Kemenpora Gelar Acara di Velodrome

Kemenpora ajak masyarakat hidup sehat dengan berolahraga

Jakarta, IDN Times - Hari Olahraga Nasional 2023 jatuh pada hari ini, Sabtu (9/9/2023). Dilansir laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tema hari Olahraga Nasional 2023 adalah 'Gelanggang Semangat Pemenang' dengan tujuan untuk mencerminkan semangat kompetitif dan tekad yang kuat dalam meraih kemenangan.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional, setiap tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional.

Memasuki peringatan yang ke-40, masyarakat diajak untuk terus bersemangat dan membulatkan tekad dalam meraih kemenangan.

Baca Juga: Ketua KOI Ajak Pengusaha Bantu Danai Olahraga

1. Kemenpora rilis logo dan makna Hari Olahraga Nasional 2023

Rayakan Hari Olahraga Nasional, Kemenpora Gelar Acara di VelodromeKemenpora

Kemenpora juga merilis logo Hari Olahraga Nasional 2023 yang menggunakan berbagai elemen dengan perpaduan warna merah, kuning, hijau, dan biru. Adapun makna logo Hari Olahraga Nasional 2023, sebagai berikut:

  • Elemen logo merupakan bentuk sederhana dari beberapa cabang olahraga yang dikomposisikan melingkar. Dengan filosofi dan selebrasi keberagaman dunia olahraga Indonesia yang bertujuan untuk mencapai prestasi tertinggi.
  • Warna merah menggambarkan semangat, energi, emosi, dan totalitas yang membawa para atlet untuk menjadi juara.
  • Warna biru merupakan warna yang menunjukkan loyalitas, kepercayaan, kekuatan, dan profesionalisme.
  • Warna hijau melambangkan kekayaan semangat yang dimiliki oleh para atlet. Selain itu juga melambangkan olahraga ialah jalan untuk dekat dengan alam.
  • Warna kuning melambangkan terang, semangat, dan merupakan warna yang membawa kesan psikologi bahagia, kehangatan dan optimis. Penggunaan warna kuning juga mewakili selebrasi kemajuan olahraga Indonesia.

2. Kemepora ajak masyarakat jadikan olahraga sebagai gaya hidup agar badan sehat

Rayakan Hari Olahraga Nasional, Kemenpora Gelar Acara di VelodromeInstagram/Kemenpora

Guna meramaikan Hari Olahraga Nasional 2023, Kemenpora mengunggah ucapan Hari Olahraga melalui Instagram @kemenpora. Dengan video yang menarik, Kemenpora mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup agar badan sehat dan bugar.

Tak hanya itu, Kemenpora juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan meramaikan acara Haornas 2023 yang menampilkan berbagai macam cabang olahraga seperti lari gawang, lompat jauh, menembak, lari 100 meter, tennis, lempar lembing, dan lompat tinggi.

Acara Haornas 2023 akan diselenggarakan di Jakarta International Velodrome pada Sabtu (9/9/2023) pukul 19.00 WIB. Acara ini juga akan diisi oleh penampilan spesial dari RAN, Setia Band, dan Aldi Taher.

3. KOI sebut pengusaha pelu diajak memajukan olahraga Indonesia

Rayakan Hari Olahraga Nasional, Kemenpora Gelar Acara di VelodromeMomen Timnas U-17 dan Palestina U-17 saat mengheningkan cipta bersama di Stadion Pakansari. (IDN Times/Tino).

Di Hari Olahraga Nasional ini, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menilai, perlu adanya regulasi yang bisa memberi stimulus kepada pengusaha atau perseroan agar bisa terpacu berkontribusi di sektor olahraga.

Menurut Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, para pengusaha perlu diajak bahu-membahu memajukan olahraga Indonesia.

Hal ini disampaikan Okto dalam Diskusi Panel bertajuk “Antara Prestasi dan Industri Olahraga” yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam perayaan menuju Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) di Menara KADIN, Jumat (8/9/2023)

“Sebagai pengusaha tentu kita malu, seharusnya olahraga ini bisa mandiri," ujar Okto.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya