Demokrat Tidak Akan Hengkang dari KIM Siapapun Cawapres Prabowo

Nama Gibran semakin menguat jadi cawapres Prabowo

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat mengatakan tidak akan hengkang dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) meski nantinya tak memilih bakal cawapres yang mereka usulkan. Partai berlambang bintang mercy itu sempat mengusulkan kepada Prabowo Subianto agar meminang Khofifah Indarparawansa sebagai bakal cawapresnya. Sementara, kini nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka semakin menguat untuk berpasangan dengan Prabowo. 

"Sikap Demokrat sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Demokrat bakal berjuang total untuk memenangkan Pak Prabowo siapapun cawapres yang dipilih," ungkap Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Jumat (20/10/2023). 

"Sederhananya Demokrat tidak akan geser satu senti meter pun dari Pak Prabowo sebagai capres," tutur dia lagi. 

Sementara, AHY pada malam ini ikut merapat ke rumah dinas Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan di Jalan Widya Candra IV, Jakarta Selatan. Salah satu poin yang dibahas yakni mengenai sosok bakal cawapres Prabowo yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Sebab, dari tiga poros yang ada, tersisa Prabowo yang belum mengumumkan nama bakal cawapresnya. 

Koalisi Perubahan dengan bakal capres Anies Baswedan telah menggandeng Muhaimin Iskandar. Sedangkan, bakal capres Ganjar Pranowo telah berpasangan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD. 

1. Demokrat yakin Prabowo bakal memilih figur cawapres yang tepat dan bawa kemenangan

Demokrat Tidak Akan Hengkang dari KIM Siapapun Cawapres PrabowoPresiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan AHY ketika berkunjung ke Hambalang pada 17 September 2023. (Dokumentasi Partai Demokrat)

Lebih lanjut, Herzaky mengatakan ia yakin Prabowo bakal memilih figur bakal cawapres yang tepat dan bisa membawa kemenangan. Ia menyebut tidak ada satu pun yang bisa menyetir Prabowo dalam menentukan bakal cawapresnya. 

"Kami yakin Beliau akan memilih sendiri cawapres yang diinginkannya. Ini lah perbedaan Pak Prabowo dengan capres-capres lain. Beliau sosok capres yang mandiri," tutur dia. 

Sementara, Ketum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan Prabowo ikut di dalam pertemuan di rumah dinas Jalan Widya Candra IV/6 malam ini. Zulkifli menyebut pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan tersebut sudah mengantongi satu nama yang dipilih jadi bakal cawapres. 

"Sudah di kantong Pak Prabowo (nama bakal cawapres)," ujarnya malam. 

Sayangnya, Zulkifli enggan membocorkan sosok bakal cawapres tersebut. Ia mengatakan sosok tersebut bakal diumumkan dalam waktu satu atau dua hari ke depan. 

"Nanti, satu dua hari ke depan (akan ada deklarasi cawapres Koalisi Indonesia Maju)," tutur dia. 

Baca Juga: Tidak Menyangka Anies Khianati Demokrat, SBY: Politik Sekarang Kasar

2. Gibran terbang ke Jakarta pada Jumat malam

Demokrat Tidak Akan Hengkang dari KIM Siapapun Cawapres PrabowoWali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Sementara, jelang penentuan nama bakal cawapres Prabowo, tiba-tiba Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka diketahui terbang ke Jakarta. Berdasarkan informasi yang diperoleh IDN Times, Gibran terbang melalui Bandara Ahmad Yani di Semarang sekitar pukul 16.50 WIB. Ia terbang menggunakan maskapai Batik Air bersama satu penumpang lainnya.

Belum diketahui secara pasti rencana Gibran di Jakarta. Namun keberangkatan Gibran ke Jakarta berdekatan waktunya dengan digelarnya rapat pimpinan nasional Golkar di DPP Partai Golkar. Rapimnas tersebut digelar pada Sabtu pagi (21/10/2023). 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng, tak menampik di dalam rapimnas esok, isu mengenai pilpres dan pileg 2024 akan jadi salah satu topik yang dibahas. "Pastinya (topik rapimnas) tentang pileg dan pilpres," kata dia. 

3. Golkar sudah berkomunikasi dengan Gibran soal rencana kepindahan parpol

Demokrat Tidak Akan Hengkang dari KIM Siapapun Cawapres PrabowoKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ketika melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Sementara, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, angkat bicara mengenai isu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan bergabung ke parpol berlambang pohon beringin hijau itu. Airlangga tak menampik komunikasi terkait kepindahan Gibran sudah ada, namun ia meminta publik bersabar menanti langkah selanjutnya. 

"Komunikasi (soal kepindahan Gibran) sudah ada. Mengenai kegiatan apa lanjutannya ditunggu saja," ujar Airlangga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023). 

Airlangga pun tak menjawab dengan lugas terkait rencana kepindahan Gibran ke Golkar melalui organisasi sayap bernama Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI).

"Kita lihat saja nanti," tutur Menteri Koordinator Perekonomian itu. 

Sementara, terkait penentuan bakal cawapres Prabowo Subianto, Airlangga menyebut, akan ditentukan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan. 

Sebelumnya, Airlangga mengatakan, Prabowo akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas). Rapat tersebut bakal digelar di DPP Partai Golkar pada Sabtu esok.

Namun, ketika ditanya apakah dalam rapimnas juga akan mengesahkan bakal cawapres yang diusung oleh Golkar, Airlangga tak meresponsnya.

"Rapimnas hanya membahas keputusan Partai Golkar. Semuanya akan diputuskan," kata Airlangga seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, hari ini. 

Rapimnas merupakan forum pengambilan keputusan kedua tertinggi di Partai Golkar, setelah Musyawarah Nasional. 

https://www.youtube.com/embed/LdV3Tsmuj7U

Baca Juga: Cerai dari Anies, Demokrat Dukung Prabowo di Pemilu 2024

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya