KSAD Agus Jamin Prajurit TNI Netral di Setiap Tahapan Pemilu 2024

Agus sebut kedekatan dengan Jokowi hanya relasi profesional

Jakarta, IDN Times - Calon tunggal Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, menjamin bahwa prajurit TNI bersikap netral dalam setiap tahapan pemilu 2024. Selain itu, ia berjanji akan memperkuat soliditas dengan Polri dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi lima tahunan itu, dengan cara membentuk posko bersama. 

"Sehingga kelangsungan roda pemerintahan dan stabilitas politik tetap terjaga," kata Agus di sesi uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI, Senayan, Senin (13/11/2023).

Pemilihan Agus sebagai calon tunggal Panglima TNI disoroti oleh publik. Sebab, dari rekam jejaknya, Agus memiliki kedekatan dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ia pernah menjabat Dandim Surakarta ketika Jokowi masih duduk sebagai Wali Kota Solo periode kedua. Jokowi diduga memilih Agus sebagai bagian dari rencananya untuk mengamankan kemenangan bagi salah satu pasangan calon presiden.

Namun, Agus menggarisbawahi kedekatannya dengan Jokowi hanya sebatas relasi profesional.

Sementara, terkait potensi konflik horizontal, Agus berjanji jika dilantik sebagai Panglima TNI, ia akan berusaha meredam konflik yang ada.

"Dengan menginstruksikan kepada seluruh jajaran TNI untuk mengoptimalkan kemampuan teritorial dalam rangka deteksi dan cegah dini serta penanggulangan dini bersama aparat lainnya," tutur dia lagi.

Terkait dengan ancaman bencana alam di Tanah Air, TNI akan mengedepankan prinsip preventif dan kemampuan reaksi cepat di seluruh daerah yang masuk kategori rawan bencana.

"Namun, kita tidak bisa mengesampingkan perlunya perlengkapan penanggulangan bencana yang memadai di setiap satuan TNI. Sehingga, hasil yang dicapai akan lebih optimal," katanya.

Baca Juga: Ini Visi-Misi Jenderal Agus bila Dilantik Jadi Panglima TNI

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya