Comscore Tracker

4 Mei Hari Pemadam Kebakaran: Sejarah dan Cara Merayakan

Sejarah dimulai dari kejadian tragis di Australia

Jakarta, IDN Times - Hari Pemadam Kebakaran jatuh pada 4 Mei dan dikenal sebagai istilah International Firefighters'Day. Sejarah Hari Pemadam Kebakaran bermula pada 1999 di mana 5 petugas pemadam kebakaran meninggal secara tragis selama kebakaran hutan di Australia karena arah angin yang berubah tiba-tiba dan menerjang mereka dalam api.

Maka 4 Mei dinyatakan sebagai Hari Santo Florian. Santo Florian adalah salah satu petugas pemadam kebakaran pertama dari batalion Romawi yang sebelumnya telah menyelamatkan banyak nyawa dari tragedi kebakaran.

1. Sejarah Hari Pemadam Kebakaran yang bermula dari tragedi di Australia

4 Mei Hari Pemadam Kebakaran: Sejarah dan Cara MerayakanPotret sejarah kebakaran di Linton Community, Australia (thecourier.com.au)

Peristiwa yang menyebabkan lahirnya Hari Pemadam Kebakaran terjadi pada 2 Desember 1988 di Linton Community, Australia dan termasuk ke dalam kisah tragis yang memengaruhi seluruh dunia. Linton merupakan daerah padat penduduk di Victoria, Australia dan petugas kebakaran saat itu tengah menangani kebakaran semak besar.

Matthew Armstrong, Jason Thomas, Stuart Davidson, Chris Evans, dan Garry Vredeveldt merupakan 5 orang yang dikirim guna membantu memadamkan api. Namun, saat mereka tiba di zona api, angin tiba-tiba berpindah arah dan mengakibatkan truk pemadam dilalap api beserta lima anggota tersebut.

Peristiwa kebakaran besar di Australia itu menjadi sejarah tragis tapi juga membuat lahirnya hari untuk merayakan petugas pemadam kebakaran dan semua yang bertugas untuk memadamkan api.

Baca Juga: Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi: Sejarah Pemberontakan Awak Bumiputra

2. Misi Hari Pemadam Kebakaran Internasional

4 Mei Hari Pemadam Kebakaran: Sejarah dan Cara MerayakanIlustrasi Hari Pemadam Kebakaran (dayfinders.com)

Dilansir Fire Hero, untuk pertama kalinya National Fallen Firefighters Foundation (NFFF) bergabung secara global dalam perayaan petugas kebakaran pada 4 Mei 2020. Misi yang dimiliki pada Hari Pemadam Kebakaran adalah untuk menghormati dan mengingat petugas pemadam kebakaran di Amerika sekaligus di negara lain yang gugur.

Bahkan tahun lalu hampir 500 keluarga di seluruh Amerika Serikat turut bergabung dengan organisasi pemadam kebakaran untuk memberikan dukungan kepada petugas pemadam kebakaran. Dengan rasa terima kasih kepada semua orang yang terlibat dan berpartisipasi dalam proses penyelamatan kebakaran, akhirnya hari ini dirayakan tiap tahun.

3. Cara merayakan Hari Pemadam Kebakaran

4 Mei Hari Pemadam Kebakaran: Sejarah dan Cara MerayakanIlustrasi Sound Off untuk merayakan Hari Pemadam Kebakaran (firefightersday.org)

Walaupun 4 Mei bukan termasuk tanggal merah, tapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Pemadam Kebakaran.

Seperti dilansir laman International Firefighters'Day, salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah dengan "Sound Off". Istilah tersebut mengacu kepada waktu untuk merenungkan pengorbanan yang telah dilakukan oleh pemadam kebakaran serta dedikasinya.

"Sound off" pertama kali dilakukan pada 2002 setiap tahun pada minggu pertama setiap bulan Mei. Dengan adanya perayaan tersebut secara tidak langsung akan menarik perhatian media serta masyarakat untuk turut merenungkan peran dari pemadam kebakaran.

Selain itu kamu juga bisa memberikan donasi dalam bentuk uang kepada badan amal pemadam kebakaran. Donasi ini tentunya sangat berarti untuk biaya pengobatan luka atau cedera yang terjadi saat petugas pemadam menjalankan tugasnya.

Itu dia informasi seputar Hari Pemadam Kebakaran. Guna membantu pekerjaan tenaga pemadam kebakaran, kamu bisa meningkatkan kesadaran tentang bahaya kebakaran sekaligus cara penanganan agar terhindar dari kebakaran, ya!

Baca Juga: Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya