Jokowi: Kredibilitas Indonesia Diakui di Mata Internasional

Peluang itu harus dimanfaatkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo menyinggung soal kepercayaan internasional yang kini digenggam oleh Indonesia. Menurut dia, kepercayaan internasional terhadap Indonesia sangat tinggi.

“Dengan international trust yang tinggi. Kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam bernegosiasi,” kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden RI 2023, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

“Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya,” tambah Jokowi.

Salah satu strategi memanfaatkan kesempatan ini, lanjut Jokowi, adalah mempersiapkan sumbar daya manusia (SDM) Indonesia.

Di awal pidato, Jokowi sempat memaparkan berdasarkan Lembaga Think Tank Australia Lowy Institute, Indonesia adalah middle power country di Asia dengan pengaruh diplomasi yang terus meningkat tajam.

“Indonesia juga termasuk satu dari enam negara di Asia yang mengalami kenaikan comprehensive power,” ucap Jokowi.

Baca Juga: 2 Ajudan Jokowi Bikin Salfok dengan Baju Adat Dayak dan Bali

Baca Juga: Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pede Indonesia Emas 2045 Bisa Tercapai

Baca Juga: Tak Terima Disebut Pak Lurah, Jokowi: Saya Presiden RI 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya