Uang Jokowi Taklukkan Toko-Toko dan Pasar di Arab Saudi

Uang Jokowi sangat terkenal untuk berbelanja di Arab Saudi

Jeddah, IDN Times - Kebiasaan jemaah Indonesia berbelanja tampaknya dipahami betul oleh pedagang di Arab Saudi. Tak Heran, di setiap toko di manapun di Negeri Petro Dolar ini, pedagangnya begitu ramah menyapa dan "merayu" orang-orang Indonesia untuk masuk dan berbelanja di toko mereka.

Bahkan, demi bisa menggaet orang-orang Indonesia untuk masuk berbelanja, sebagian besar pedagang-pedagang dan pelayan di toko bisa berbahasa Indonesia.

"Ayo masuk, ayo masuk, murah, murah," kata para pelayan dan pedagang di setiap toko, mulai dari Jeddah, Makkah, hingga Madinah, setiap melihat rombongan orang Indonesia melintas di depan toko mereka.

Istimewanya lagi bagi orang Indonesia, hampir di semua tempat belanja menerima uang rupiah. Jadi, bagi orang-orang Indonesia yang datang atau berencana ke Makkah, Madinah, dan Jeddah tidak perlu khawatir tak memiliki riyal. Bisa belanja menggunakan rupiah di banyak toko, kecuali di mal dan supermarket.

Uniknya lagi, pedagang-pedagang di Arab Saudi justru lebih mengenal Jokowi daripada mata uang Indonesia, rupiah.

"Seratus lima puluh (150 ribu) Jokowi," kata seorang pedagang di sebuah toko di Makkah saat saya dan teman menanyakan harga hiasan dinding menyerupai karpet.

Baca Juga: Berburu Hati Unta dan Madu Yaman di Pasar Al Balad Kota Tua Jeddah

1. Dari toko besar hingga pegadang kaki lima terima uang Jokowi

Uang Jokowi Taklukkan Toko-Toko dan Pasar di Arab SaudiToko-toko di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Uang "Jokowi" sangat terkenal di banyak tempat di Arab Saudi. Saat pertama tiba di Arab Saudi pada akhir Mei lalu, ketika perjalanan dari Jeddah ke Madinah, kami berhenti di sebuat rest area. Di tempat ini ada sebuah supermarket dan toko-toko yang menjajakan berbagai makanan.

"Lima puluh (50) Jokowi, 50 Jokowi," teriak seorang pedagang kacang-kacangan. Kami, petugas Media Center Haji (MCH) yang mendengar itu seolah tak percaya, di tempat yang jauh dari Kota Jeddah maupun Kota Madinah, menerima uang rupiah.

Kami pun langsung membuka dompet, mengeluarkan uang 50 ribuan (rupiah) membeli snack aneka kacang-kacangan tersebut.

Di Madinah dan Makkah, surga belanja bagi orang-orang Indonesia yang malas menukar rupiahnya ke riyal.

Hampir di semua toko yang ada di 2 kota itu semuanya menerima rupiah. Bahkan di pedagang-pedagang kaki lima seperti di tempat pemotongan hewan, pedagangnya menjual barangnya dengan uang "Jokowi".

2. Banyak jemaah selama di Saudi belanja hanya menggunakan uang Jokowi

Uang Jokowi Taklukkan Toko-Toko dan Pasar di Arab Sauditoko-toko di Kota Tua Balad, Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Beberapa jemaah haji perempuan asal Embarkasi Ujung Pandang yang ditemui pada awal Juli lalu di Bandara Jeddah, mengaku berbelanja hanya dengan menggunakan uang rupiah selama berada di Makkah dan Madinah.

"Ini semua kita beli pakai uang Jokowi (rupiah)," kata Kartini, jemaah haji asal Sidrap, Sulawesi Selatan sambil memperlihatkan gelang-gelang warna emas yang menutupi lengannya, yang dibeli di Makkah.

Dia mengungkapkan, tak ada kesulitan sama sekali berbelanja dengan uang rupiah. "Semua terima uang Jokowi, lebih gampang tinggal kalikan saja 1 riyal 4 ribu. Kalau gak mau terima uang Jokowi, ya sudah tinggalkan saja, cari tempat belanja yang terima uang Jokowi," lanjutnya.

3. Semua bisa dibeli dengan uang Jokowi

Uang Jokowi Taklukkan Toko-Toko dan Pasar di Arab SaudiPedagang di Pasar Al Kakiah Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Mudahnya berbelanja dengan uang "Jokowi" membuat banyak jemaah haji tak menukar uang rupiahnya dengan riyal.

"Di Madinah itu rata-rata mau terima uang Jokowi," ujar Nila, seorang petugas haji yang bertugas di Daerah Kerja Madinah, kepada IDN Times, Sabtu (15/7/2023).

"Banyak ibu-ibu jemaah belanja sampai jutaaan cuma pakai uang Jokowi," lanjutnya.

Nila sendiri termasuk salah satu yang suka berbelanja dengan uang Jokowi daripada riyal. Dia mengaku membeli sajadah, lipstik, tas dan lain-lain menggunakan uang Jokowi.

"Ada tawar menawar, tapi biasanya cepat kok. Langsung setuju harga barangnya," ungkap Nila.

Baca Juga: Pasar Kakiah, Surga Belanja di Kota Makkah Bisa Pakai Uang Jokowi

4. Toko-toko di Jeddah juga terima uang Jokowi

Uang Jokowi Taklukkan Toko-Toko dan Pasar di Arab SaudiToko-toko di Balad, Kota Tua Jeddah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Di Jeddah, IDN Times beberapa kali belanja menggunakan uang Jokowi. Di salah satu toko di Corniche Commercial Center, Kota Tua Balad, Jeddah, saya membeli peci haji menggunakan uang rupiah.

"Enam puluh ribu 2 (peci)," ujar Alam, seorang pedagang asal Bangladesh yang fasih berbahasa Indonesia saat menyebut harga peci itu.

Di salah satu pasar grosir di Makkah, yang bernama Al Kakiah, uang Jokowi pun begitu mudah dipakai untuk berbelanja.  

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya