Comscore Tracker

Bela Prabowo, Jokowi: Kunjungan Pak Menhan Tak Hanya Jalan-jalan

Jokowi singgung pihak-pihak yang pertanyakan tugas Prabowo

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke negara-negara adalah untuk kepentingan diplomasi. Jokowi pun meluruskan anggapan negatif publik tentang kunjungan-kunjungan Prabowo ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri. Saat itu, Rapim juga dihadiri oleh Prabowo Subianto dan Menko Polhukam Mahfud MD.

1. Jokowi katakan kunjungan Prabowo ke luar negeri tak sekadar jalan-jalan

Bela Prabowo, Jokowi: Kunjungan Pak Menhan Tak Hanya Jalan-jalanPresiden Jokowi di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis 23 Janurai 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam pengarahannya, Jokowi mengatakan bahwa Prabowo memiliki kepentingan diplomasi dalam setiap kunjungannya. Menurutnya, kunjungan Prabowo itu bukan sekadar jalan-jalan.

"Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan, bukan sekadar jalan-jalan," kata Jokowi di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).

Baca Juga: Temui Menhan Prancis, Prabowo Bahas Isu Terorisme Hingga Intelijen

2. Jokowi sebut yang sering pertanyakan kunjungan Prabowo tak mengerti diplomasi pertahanan

Bela Prabowo, Jokowi: Kunjungan Pak Menhan Tak Hanya Jalan-jalanPresiden Jokowi di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis 23 Janurai 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi pun menyinggung pihak-pihak yang mempertanyakan kunjungan Prabowo tersebut. Dia menyebut mereka yang mempertanyakan hal itu belum memahami soal diplomasi pertahanan.

"Meskipun saya tahu, dalam rangka melihat alutsista yang ingin kita beli, bagus atau tidak bagus, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek," jelasnya.

3. Jokowi dan Prabowo sudah sering membahas soal kunjungan

Bela Prabowo, Jokowi: Kunjungan Pak Menhan Tak Hanya Jalan-jalanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kunjungan Prabowo itu, ujar Jokowi, juga sudah didiskusikan dengannya. Pembahasannya pun tak hanya sekali, dua kali.

"Itu sudah kita diskusikan dengan Pak Menhan, tidak sekali dua kali. Banyak nih yang gak tahu," ucap Jokowi.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Perkuat Pertahanan, Prabowo Berburu Alutsista ke Prancis dan Denmark

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya