Comscore Tracker

Pilkada 2020, Satgas: Pilih Calon yang Punya Komitmen Atasi COVID-19

Satgas tak ingin Pilkada jadi klaster baru COVID-19

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat, agar memanfaatkan hak pilihnya untuk pasangan calon yang berkomitmen mengatasi pandemik virus corona. Ia mengimbau masyarakat lebih mempelajari latar belakang pasangan calon.

"Pelajarilah latar belakang, kompetensi, serta komitmen kepala daerah yang akan dipilih sebelum menentukan pilihan anda," kata Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga: Begini Upaya Rekayasa Pemerintah Jika Terjadi Lonjakan Kasus COVID-19

1. Wiku imbau pemilih memilih calon pemimpin yang menaati protokol kesehatan selama kampanye

Pilkada 2020, Satgas: Pilih Calon yang Punya Komitmen Atasi COVID-19Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Wiku juga mengingatkan Pilkada 2020 harus disiplin protokol kesehatan. Karena itu, pemilih harus memilih calon pemimpin yang menaati protokol kesehatan selama kampanye.

"Karena hal ini dapat menjadi cerminan tanggung jawab pemimpin ke depannya. Ingat, pilkada tahun ini akan menentukan arah kesehatan serta pemilihan masing-masing daerah di tengah pandemik. Maka harus ditanggapi dengan serius," tutur dia.

2. Satgas ingatkan Pilkada jangan sampai jadi klaster baru COVID-19

Pilkada 2020, Satgas: Pilih Calon yang Punya Komitmen Atasi COVID-19Ilustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Wiku juga meminta masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam perhelatan pilkada. Ia mengingatkan jangan sampai Pilkada serentak 2020 justru berkontribusi pada peningkatan kasus atau jadi klaster baru COVID-19.

"Gelaran pilkada dapat berlangsung aman apabila semua pihak yang terlibat disipilin menerapkan semua protokol kesehatan, serta mengikuti arahan yang telah ditetapkan KPU (Komiisi Pemilihan umum) terkait penyelenggaraan pilkada," ucap dia.

3. Satgas juga meminta calon kepala daerah terus kampanyekan Pilkada aman dan bebas COVID-19

Pilkada 2020, Satgas: Pilih Calon yang Punya Komitmen Atasi COVID-19Ilustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepada calon kepala daerah, Satgas COVID-19 juga meminta agar mereka terus mengampanyekan Pilkada yang aman dan bebas virus corona. Ia juga kembali mengingatkan agar pasangan calon selalu patuhi protokol kesehatan selama berkampanye.

"Bersikaplah dengan penuh tanggung jawab dan jangan melakukan kegiatan kampanye yang memicu kerumunan," kata Wiku.

Kemudian, Satgas juga mengingatkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat di daerah, agar mengambil tindakan tegas apabila ditemukan calon kepala daerah atau siapa pun yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Koordinasikan dengan Satgas di daerah untuk segera bubarkan kampanye yang menimbulkan kerumunan," imbuh Wiku.

 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Ini Penjelasan Satgas soal Lonjakan Kasus Harian COVID-19 Hingga 8.369

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya