Jokowi Peluk Presiden Palestina: Saya Sampaikan Keprihatinan Mendalam

Sebut sebagai rangkulan persahabatan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela pelaksanaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

KTT OKI berlangsung di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

"Rangkulan persahabatan untuk Yang Mulia Presiden Palestina Mahmoud Abbas," kata Jokowi melalui postingan di Instagram pribadinya, dikutip IDN Times.

1. Jokowi sampaikan rasa prihatin buat Palestina

Jokowi Peluk Presiden Palestina: Saya Sampaikan Keprihatinan MendalamIlustrasi serangan roket di Gaza (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan keprihatinannya terhadap apa yang dialami oleh Palestina akibat serangan yang dilancarkan oleh Israel.

"Kepada Presiden Mahmoud Abbas saya menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina," ujar Jokowi.

Baca Juga: Bakal Bertemu Joe Biden, Jokowi Tegaskan Indonesia Dukung Palestina!

2. KTT OKI sebagai jalan menghentikan serangan Israel

Jokowi Peluk Presiden Palestina: Saya Sampaikan Keprihatinan MendalamANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen

Jokowi memandang pentingnya KTT OKI sebagai salah satu upaya bersama untuk menghentikan serangan Israel atas Palestina.

“KTT ini sangat penting artinya sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina. Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar,” ujar Jokowi dikutip dari situs Setkab.

Baca Juga: Kehabisan BBM, RS Indonesia di Gaza Beroperasi dalam Kondisi Gelap

3. Jokowi temui Joe Biden setelah KTT OKI

Jokowi Peluk Presiden Palestina: Saya Sampaikan Keprihatinan MendalamPresiden Jokowi berjabat tangan dengan Presiden terpilih Joe Biden (Biro Pers Istana)

Usai menghadiri KTT OKI, Jokowi rencananya melanjutkan perjalanan ke Washington D.C. pada 12 November 2023 untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Jokowi menilai hal tersebut sebagai kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai situasi di Gaza saat ini.

“Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” tambahnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya