Musim Hujan Diprediksi Baru Datang di November, Cek Sebaran Daerahnya!

Awal musim hujan di Indonesia tidak merata

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan baru akan terjadi pada November 2023.

"Angin baratan (penanda awal mula musim hujan) yang berasal dari Benua Asia diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya. Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada November 2023," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers daring, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: BMKG Pantau 406 Titik Panas Tersebar di Kaltim

1. Awal musim hujan dari angin timuran menjadi angin baratan

Musim Hujan Diprediksi Baru Datang di November, Cek Sebaran Daerahnya!Badan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi persnya (Dokumentasi/Screenshot Youtube Info BMKG)

Dwikorita menjelaskan awal musim hujan terjadi akibat peralihan angin timuran atau monsun Australia menjadi angin baratan atau monsun Asia. Angin dari benua Asia inilah yang diharapkan membawa uap air dan mendatangkan hujan di Indonesia.

"Diharapkan, apabila angin itu berasal dari benua Asia yang membawa uap uap air dari Samudra Pasifik di sekitar Asia maka diharapkan akan segera memberikan awan-awan hujan dan mendatangkan musim hujan di kepulauan Indonesia," kata Dwikorita.

Baca Juga: Musim Kemarau, Warga di Tulungagung Beli Air Bersih Rp250 Ribu

2. Awal musim hujan di RI tidak merata

Musim Hujan Diprediksi Baru Datang di November, Cek Sebaran Daerahnya!

Meski begitu, keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak merata. Akan tetapi, menurutnya, sebagian besar wilayah akan mengalami awal musim hujan pada November 2023.

"Jadi awal musim hujan secara umum di prediksi akan terjadi pada bulan November 2023. Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi serentak di Indonesia," ujarnya.

3. Rincian sebaran awal musim hujan 2023/2024

Musim Hujan Diprediksi Baru Datang di November, Cek Sebaran Daerahnya!Daftar sebaran awal musim hujan 2023/2024. (Dokumentasi/Screenshot Youtube Info BMKG)

Menurutnya, saat ini, beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mulai mengalami musim hujan yaitu. 

"Hingga akhir Agustus 2023, beberapa daerah sudah memasuki musim hujan yakni meliputi sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau," jelasnya. 

Berikut prediksi BMKG terkait awal musim hujan 2023/2024:

  • September: Sebagian Sumatra Barat dan Riau bagian Selatan
  • Oktober: Jambi, Sumatra Selatan bagian Utara, Jawa Tengah bagian Selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, sebagian besar Kalimantan Timur,
  • November: Sumatra Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian Utara dan Papua Selatan bagian selatan.
  • Desember: Jawa Timur bagian Utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Baca Juga: BMKG Prediksi Awal Musim Hujan Terjadi pada November

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya