Comscore Tracker

Skandal Alat Tes Antigen Bekas di Kualanamu hingga Reshuffle Kabinet

#IndonesiaHariIni, Jakmania penuhi panggilan polisi

Jakarta, IDN Times - Laboratorium Rapid Antigen Kimia Farma Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, digerebek polisi, karena diduga menggunakan alat tes antigen bekas. 

Polisi menemukan alat usap hidung untuk keperluan tes yang sudah digunakan, kemudian dibersihkan untuk kembali dipakai. PT Kimia Farma Diagnostika angkat bicara soal temuan ini, Rabu (28/4/2021).

Selain skandal alat tes antigen bekas yang melibatkan petugas dari Kimia Farma, ada juga sejumlah berita menarik lain yang menyedot perhatian pembaca IDN Times.

1. Petugas Kimia Farma yang menggunakan alat tes bekas ditangkap

Skandal Alat Tes Antigen Bekas di Kualanamu hingga Reshuffle KabinetTenaga kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pengunjung Kebun Binatang atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Jawa Barat, Minggu (27/12/2020). Pemerintah Kota Bandung memberikan layanan tes cepat antigen secara gratis kepada wisatawan yang mengunjungi Bazoga guna mencegah penyebaran COVID-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Aparat Dirkrimsus Polda Sumut menangkap empat petugas laboratorium di Laboratorium Rapid Antigen Kimia Farma Bandara Kualanamu. Untuk mengungkap kejadian itu anggota Krimsus Polda Sumut berpakaian sipil menyamar menjadi calon penumpang pesawat. Ia lalu melaksanakan rapid antigen sebagai persyaratan pada Selasa 27 April 2021.

Saat itulah diketahui alat tes yang digunakan bekas pakai. Kanit 2 Subdit 4 Tipiter Krimsus Polda Sumut AKP Jeriko lalu membawa para petugas Kimia Farma berikut barang bukti guna pemeriksaan lebih lanjut. Selengkapnya baca di sini.

2. Nadiem Makarim kini jadi Mendikbudristek

Skandal Alat Tes Antigen Bekas di Kualanamu hingga Reshuffle KabinetMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Atas penunjukan ini, Jokowi langsung melantik Nadiem di Istana Negara, Rabu sore.

Jabatan menteri ini bukanlah baru bagi Nadiem, yang berbeda hanya nama kementeriannya menjadi Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi, yang merupakan hasil dari peleburan Kementerian Riset dan Teknologi ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Baca lengkapnya di tautan ini.

Baca Juga: 4 Potret Penampakan Diduga Babi Ngepet yang Bikin Heboh Warga Depok

3. KPK geledah ruang wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Skandal Alat Tes Antigen Bekas di Kualanamu hingga Reshuffle KabinetANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Tim Penyidik KPK melakukan penggeledahan di Gedung DPR Republik Indonesia, Rabu malam. Menurut Plt Jubir KPK Ali Fikri, penggeledahan dilakukan tentu dalam rangka pengumpulan bukti-bukti terkait perkara dugaan suap untuk tidak menaikkan perkara ke tingkat penyidikan dengan tersangka berinisial SRP dan kawan-kawan.

Hingga berita ini diturunkan, Ali Fikri memastikan penggeledahan masih dilakukan. Baca selanjutnya di sini.

4. Jakmania penuhi panggilan Polda Metro Jaya soal kerumunan HI

Skandal Alat Tes Antigen Bekas di Kualanamu hingga Reshuffle KabinetIDN Times/Irfan Fathurohman

Pengurus Pusat The Jakmania, kelompok suporter Persija Jakarta, memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada Rabu. Mereka diwakili Wakil Ketua 1, Muhammad Aditya Putra, bersama Sekretaris Umum, Rajiva Baskoro.

Dipanggilanya The Jakmania merupakan buntut dari aksi konvoi di Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Sudirman, yang dilakukan pada Senin 26 April 2021 dini hari WIB. Hal itu tak lepas dari keberhasilan Persija meraih gelar juara Piala Menpora 2021 edisi pertama. Selengkapnya baca di link berikut ini.

5. Fenomena langit pink supermoon, bisa dilihat di Indonesia

Skandal Alat Tes Antigen Bekas di Kualanamu hingga Reshuffle Kabinetfirstpost.com

Rabu malam ini, kita semua di seluruh dunia mendapatkan momen istimewa. Di langit malam, semua orang bisa melihat kemunculan supermoon, penampakan bulan yang lebih besar ketimbang penampakan pada umumnya.

Bagi mereka yang belum tahu, supermoon merupakan istilah yang diberikan Richard Nolle pada 1979 kepada penampakan bulan yang super besar. Momen spesial ini tidak hanya dinikmati oleh kita yang di Indonesia saja. Ditulis pada laman NASA, supermoon juga bisa dilihat di berbagai benua. Cek fakta selengkapnya soal pink supermoon di sini.

Baca Juga: Profil Munarman, Pengacara Rizieq Shihab yang Ditangkap Densus 88

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya