Zulhas: PAN Dukung Prabowo Jadi Capres 2024 karena Yakin Akan Menang

PAN ingin Prabowo memilih Erick Thohir jadi cawapres

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan ini dideklarasikan pada Minggu (13/8/2023) kemarin oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Dengan dukungan dari 2 partai besar ini, maka total ada 4 partai yang sudah resmi mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden di 2024 mendatang.

Terkait dukungan ini, Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, kepada IDN Times mengatakan, mendukung Prabowo karena yakin Menteri Pertahanan itu akan menang. Sebab, berdasarkan data-data yang dimiliki termasuk hasil berdiskusi dengan lembaga-lembaga survei, memperlihatkan dukungan untuk Prabowo menjadi presiden semakin kuat.

"PAN ingin berkontribusi menambah dukungan bagi Prabowo," ujar Zulhas kepada IDN Times, Minggu (13/8/2023) malam.

Baca Juga: Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya Presiden

1. PAN menilai Jokowi tidak keberatan Prabowo jadi Presiden di 2024

Zulhas: PAN Dukung Prabowo Jadi Capres 2024 karena Yakin Akan MenangKetua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan ketika berbicara di DPP PAN, Jakarta Selatan. (www.instagram.com/@zul.hasan)

Zulhas menegaskan, tidak pernah secara spesifik meminta pendapat dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam memberikan dukungan kepada Prabowo. Begitu juga Jokowi tak pernah mengarahkan untuk mendukung salah satu capres.

"Tapi kami menangkap semangat yang disampaikan oleh Pak Jokowi dari berbagai pertemuan, termasuk pernyataan publik yang kami anggap bahwa Pak Jokowi juga tidak keberatan kalau Prabowo jadi Presiden 2024," ungkap Zulhas.

2. PAN ingin Erick Thohir jadi cawapres Prabowo

Zulhas: PAN Dukung Prabowo Jadi Capres 2024 karena Yakin Akan MenangKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dalam Silatnas PAN di Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Mengenai calon wakil presiden untuk Prabowo, Zulhas mengatakan, tetap mendukung Erick Thohir dan ingin meyakinkan Prabowo agar memilih Erick sebagai cawapresnya.

"Tapi kami memahami di sini ada Muhaimin dari PKB dan Airlangga dari Golkar, jadi berpulang kepada Prabowo nanti menentukan siapa cawapresnya," ujar Menteri Perdagangan tersebut.

Menurut Zulhas, pihaknya ingin Erick jadi cawapres Prabowo karena tidak terikat dengan partai politik manapun, dan sudah dianggap sebagai bagian dari PAN.

"Kami optimistis Erick Thohir akan diterima semua pihak," ujar Zulhas.

Baca Juga: Gerindra: Dukungan Golkar-PAN ke Prabowo untuk Lanjutkan Pembangunan

3. Respons Erick disandingkan jadi cawapres Prabowo

Zulhas: PAN Dukung Prabowo Jadi Capres 2024 karena Yakin Akan MenangMenteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Di kesempatan terpisah, Erick menolak berkomentar banyak soal namanya yang digadang-gadang menjadi cawapres Prabowo.

"Ini keputusan dari ketua-ketua parpol (menentukan siapa jadi cawapres), saya pada prinsipnya tegak lurus pada perintah Presiden Jokowi. Saya berterima kasih karena sampai hari ini PAN sudah menunjukkan dukungan yang kuat kepada saya untuk jadi cawapres," ujar Erick.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya