Comscore Tracker

Tantangan dan Tekanan Kian Sulit, Korpri Diharapkan Jaga Kode Etik ASN

ASN harus menjaga NKRI agar tetap utuh

Jakarta, IDN Times - Perkembangan global menyebabkan tantangan yang dihadapi kian sulit, karena adanya ancaman dari luar lingkungan strategis seperti gerakan radikalisme dan tekanan akibat pandemik COVID-19.

Maka dari itu, Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional Zudan Arif Fakrulloh mengimbau para pengurus Korpri agar mampu menjaga kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Di dalam tata kelola birokrasi, khusus bagi pengurus Korpri adalah menjaga kode etik, ada tugas mulia kita di situ, menjaga agar ASN tetap teguh melaksanakan kode etik dalam Panca Prasetya Korpri," ujar Zudan dalam keterangan resminya, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: ASN Langgar Larangan Mudik, MenPAN RB: Ada Hukuman Disiplin

1. Memberikan bantuan hukum untuk ASN

Tantangan dan Tekanan Kian Sulit, Korpri Diharapkan Jaga Kode Etik ASNANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Selain menjaga kode etik ASN, Korpri juga diharapkan dapat mengadvokasi anggotanya dengan cara memberikan bantuan hukum kepada anggota yang terlibat masalah hukum.

"Agar tidak ada masalah hukum, maka tim di lembaga konsultan dan bantuan hukum Korpri kita harapkan aktif mengadvokasi anggotanya," tutur Zudan.

2. Meningkatkan kesejahteraan ASN

Tantangan dan Tekanan Kian Sulit, Korpri Diharapkan Jaga Kode Etik ASNIlustrasi ASN (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Zudan mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah berulang kali mengingatkan, semua program harus sampai dan harus ter-delivered dengan baik. Maka itu, perlunya tata kelola keuangan yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan ASN. 

“Ini perlu menjadi perhatian kita agar tata kelolanya tepat arahnya, tepat penggunaannya, dan tepat manfaatnya, ini penting sekali. Saya yakin teman-teman juga di Kemendagri kita bersama-bersama mampu mewujudkan,” kata dia.

3. ASN harus tegak lurus dengan Pancasila

Tantangan dan Tekanan Kian Sulit, Korpri Diharapkan Jaga Kode Etik ASNIlustrasi ASN (IDN Times/AJi)

Tugas Korpri adalah menjaga Pancasila, maka ASN harus tetap tegak lurus dengan Pancasila dalam menghadapi tantangan global.

“ASN diharapkan terus tegak lurus dengan Pancasila. Tugas kita di Korpri, pertama menjaga Pancasila, ASN tetap tegak lurus dengan Pancasila. Yang kedua, menjaga NKRI,” ujar Zudan.

Terlebih lagi, ia mengatakan, ancaman ideologi dari luar dan gerakan radikalisme dirasa mampu mengintervensi dan memberikan tekanan terhadap keutuhan NKRI.

“Kekompakkan kita akan menunjukkan bahwa kita betul-betul anggota Korpri yang tegak lurus dengan negara, dengan Pancasila. Kita kompak kita rukun insyaallah kita akan berhasil. Kita jaga agar NKRI tetap utuh,” kata Zudan. 

Baca Juga: Jokowi Minta Hasil Tes ASN Tak Dijadikan Dasar Pecat 75 Pegawai KPK  

Topic:

  • Vamela Aurina
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya