Demokrat KLB Deli Serdang: SBY Ambisi Anies-AHY Maju Pilpres 2024

SBY ingin AHY maju pada Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Partai Demokrat KLB Deli Serdang, Muhammad Rahmad, menanggapi pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang ingin kembali turun gunung dalam Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Rahmad, pada Pemilu 2024 nanti, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut ingin mendorong anaknya sekaligus Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi calon Wakil Presiden (cawapres) dengan Anies Baswedan sebagai calon Presiden (capres).

"Sekarang ini menjelang Pilpres 2024, SBY berambisi agar AHY bisa maju sebagai cawapres dan mengincar berpasangan dengan Anies Baswedan," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9/2022).

Baca Juga: Anies-AHY Disebut Tak Mungkin Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024

1. SBY dinilai bakal bahagia luar biasa bila Anies-AHY terwujud pada Pilpres 2024

Demokrat KLB Deli Serdang: SBY Ambisi Anies-AHY Maju Pilpres 2024Juru bicara Demokrat kubu Moeldoko, Muhammad Rahmad saat konferensi pers virtual pada Rabu (24/11/2021). (youtube.com/Muhammad Rahmad)

Rahmad menilai, SBY akan bahagia apabila duet Anies dengan AHY itu bisa diwujudkan dalam pertarungan politik 2024 mendatang. Dia mengatakan, dorongan itu menjadi alasan SBY kembali turun gunung jelang Pemilu 2024.

"SBY akan bahagia luar biasa jika pasangan Anies-AHY maju ke Pilpres. Makanya pasti turun gunung seperti biasanya, bahkan dengan ambisi politik yang makin meledak-ledak," kata dia.

Baca Juga: AHY Ungkap Ciri Capres-Cawapres yang Bakal Diusung Demokrat

2. SBY rutin turun gunung dan sering gagal

Demokrat KLB Deli Serdang: SBY Ambisi Anies-AHY Maju Pilpres 2024demokrat.or.id

Dia menilai, SBY turun gunung saat pemilu merupakan sesuatu yang wajar lantaran sudah rutin dilakukan.

Pada 2014, SBY turun gunung memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Kemudian pada 2019 menawarkan AHY sebagai cawapres, sayangnya ditolak Prabowo.

"Pada Pilpres 2014, SBY turun gunung memenangkan besannya sebagai cawapres, tapi gagal. Pilpres 2019 turun gunung agar AHY jadi cawapres, tapi gagal karena ditolak oleh Prabowo," ujar Rahmad.

Baca Juga: Demokrat Hampir Gabung Koalisi PDIP, Hasto: SBY Batalkan Sepihak  

3. Ambisi dorong AHY maju pada pilpres

Demokrat KLB Deli Serdang: SBY Ambisi Anies-AHY Maju Pilpres 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Rahmad menganggap manuver politik SBY saat ini hanya ingin mendorong AHY maju dalam Pilpres 2024. Menurut dia, SBY saat ini sudah tidak lagi membahas kepentingan rakyat.

"SBY sebetulnya tidak sedang bicara demokrasi dan hak rakyat, tapi sejatinya sedang bicara ambisi politik diri dan keluarganya agar AHY bisa masuk gelanggang Pilpres. Cuma dibungkus indah dengan bunga-bunga demokrasi dan hak rakyat, untuk manipulasi politik," ucap dia.

Baca Juga: Kader Demokrat Bulat Dukung AHY Maju Capres 2024: Tak Ada Pilihan Lain

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya