Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Peluang Menang Satu Putaran

Elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 50 persen

Jakarta, IDN Times - Calon presiden dan wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, diprediksi bisa menang satu putaran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif indonesia Elections and Strategic (Index) Research Vivin Sri Wahyuni menjelaskan, hal itu karena Prabowo-Gibran meraih elektabilitas tertinggi lebih dari 50 persen.

“Pasangan Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran dalam Pilpres 2024, dengan meraih elektabilitas lebih dari 50 persen,” kata dia dalam keterangannya pada Kamis, 9 November 2023.

1. Elektabilitas Prabowo-Gibran kalahkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Peluang Menang Satu PutaranIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam survei Index Research periode 26 sampai 31 Oktober 2023, Prabowo-Gibran berhasil memperoleh dukungan tertinggi dengan 50,4 persen.

Kemudian, diikuti pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 26,0 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 16,8 persen.

Baca Juga: Gen Z, Ini Alasan Suara Pemilih di Pulau Jawa Jadi Rebutan Capres

2. Bila elektabilitas Prabowo-Gibran stabil, Pilpres 2024 berpotensi satu putaran

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Peluang Menang Satu PutaranPrabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menumpang maung ke KPU. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Vivin menjabarkan, dengan tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran yang melampaui 50 persen tersebut, maka menutup kemungkinan digelarnya pilpres dalam dua putaran.

Menurutnya, berpasangannya Prabowo dengan Gibran menjadi suntikan elektoral yang membawa energi positif.

“Pendukung capres lain dalam survei-survei sebelumnya beralih ke Prabowo-Gibran,” ujar Vivin.

Baca Juga: KPU, Anwar Usman, Jokowi Digugat ke PN Jakpus Imbas Pendaftaran Gibran

3. Prabowo-Gibran potensial gaet dukungan pemilih muda

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Peluang Menang Satu Putaranilustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Vivin menegaskan, pasangan Prabowo-Gibran memang menjadi daya tarik yang begitu luas bagi spektrum pemilih di Pilpres 2024. Dia juga meyakini pasangan tersebut bisa memperoleh mayoritas dukungan kalangan muda di Pilpres 2024.

“Prabowo-Gibran menjadi magnet bagi pemilih yang lebih luas dibandingkan pasangan Ganjar maupun Anies. Gibran yang diragukan sebagian kalangan karena usianya masih sangat muda ternyata bisa mengimbangi ketokohan Mahfud dan Cak Imin yang malang-melintang di lembaga tinggi negara dan kepartaian,” beber Vivin.

Sebagai informasi, survei yang dilakukan Index Research ini dilakukan pada 26-31 Oktober 2023 dengan responden sebanyak 1200 orang. Adapun responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling), dengan margin of error sebesar 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya