Ganjar Pranowo Ingatkan Investasi SDM Demi Indonesia Unggul

SDM harus dibangun di level grassroot

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres), Ganjar Pranowo, menegaskan sumber daya manusia (SDM) jadi prioritas yang harus diperhatikan untuk menyambut Indonesia jadi negara maju. Investasi SDM, menurut Ganjar, harus didorong agar Indonesia memiliki generasi unggul demi merealisasikan target Indonesia Unggul 2045 mendatang.

"Untuk Indonesia unggul dan itu sumbernya atau yang harus menjadi prioritas nomor satu adalah SDM. SDM harus menjadi prioritas," kata Ganjar saat jadi pembicara di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 bertajuk Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamics of the Pivotal 2024 Election di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).

Ganjar menjelaskan secara singkat bagaimana pembangunan SDM bisa terjalin secara efektif. Dia mengingatkan pentingnya pembangunan di desa.

"Kalau orang desa pergi ke kota, belajar, lulus, ada dua pilihan. Dia tetap tinggal di kota atau kembali ke desa? Yang bagus adalah kedua, kembali ke desa," ujar dia.

Dia memberikan contoh ideal ketika masyarakat berperan membangun desa. Ganjar sempat bertemu dengan seorang mahasiswi asal Papua yang kuliah di Universitas Diponegoro. Dia mengaku tak mampu membayar uang pendidikan. Ganjar lantas membiayai pendidikannya untuk kemudian kembali membangun Papua.

"Kamu saya perintahkan, harus kembali ke Papua. Dia kembali, jadi aktivis di sana. Maka tadi, di sana dia bisa membangun daerah hingga bisa tumbuh," tutur dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengungkapkan, pentingnya menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

"Tapi, pada sisi yang lain, ketika kemudian mereka sekolah kurikulumnya harus kami siapkan, kurikulum siap kerja," ucap Ganjar.

IDN Media menggelar IMGS 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Pentingnya Anak Muda Aktif di Parpol

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya