Ikut Sambut SBY di Rumah Prabowo, Ketum Prima: Kami Diundang

Ketum Prima Agus Jabo Priyono hadir di rumah Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) Agus Jabo Priyono menjelaskan alasannya menghadiri pertemuan sejumlah elite parpol di rumah Prabowo Subianto, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Agus Jabo mengatakan, kedatangannya ke rumah Prabowo karena mendapat undangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

"Kami kemarin diundang DPP Gerindra untuk hadir di Hambalang," tutur dia saat dihubungi IDN Times, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga: Respons Isu Capres Pukul Wamen, Prabowo: Saya Belum Pernah Ketemu

1. Prima akan gelar Rapimnas untuk tentukan arah dukungan

Ikut Sambut SBY di Rumah Prabowo, Ketum Prima: Kami DiundangJajaran Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) di Kantor DPP Prima, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Agus Jabo Priyono mengaku, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) telah diberikan mandat untuk menentukan langkah politik di Pilpres 2024. Mandat itu diberikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III yang digelar 10 sampai 11 September 2023.

“DPP sudah merumuskan langkah konkrit untuk mendukung salah satu Capres yang akan bertarung di 2024 dan siap terlibat dalam koalisi dengan tetap membawa program hasil Rapimnas,” ujar dia.

Baca Juga: Partai Prima Minta MA Objektif soal Gugatan Tunda Pemilu

2. Prima dorong sejumlah program kepada capres

Ikut Sambut SBY di Rumah Prabowo, Ketum Prima: Kami DiundangKetum Prima, Agus Jabo; Sekjen Prima Dominggus Oktavianus; dan jajarannya dalam konferensi pers dugaan kecurangan verifikasi faktual Prima sebagai parpol peserta Pemilu 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Agus Jabo mengungkapkan, salah satu program yang akan didorong Partai Prima kepada bacapres yang didukung adalah percepatan industrialisasi nasional. Sebab, menurut dia, sedang terjadi pergeseran kekuasaan kapitalisme dunia, dari kapital keuangan menuju kapital industri.

“Kekuatan capital finance sedang mengalami penunurunan. Terjadi pergeseran kekuatan dunia, negara dengan basis industri dan kemajuan teknologi, bergerak menguasai kekuatan ekonomi dan politik dunia," katanya.

Hanya saja, lanjut Agus Jabo, dalam percepatan industriaslisasi nasional nantinya, negara harus tetap menjunjung tinggi kemanusiaan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Pembangunan dalam bidang apapun tidak boleh meninggalkan kedua aspek tersebut.

“Percepatan industrialisasi nasional harus tetap menjujung tinggi kemanusiaan dan lingkungan hidup,” tuturnya.

Dia juga menambahkan, Prima juga mendorong calon presiden yang diusung mewujudkan kedaulatan pangan. Serta, bekerja sama dengan negara-negara yang sedang bangkit dengan tetap menitikberatkan kepada kepentingan nasional, pemerintahan yang kuat, kerakyatan dan bersih, serta persatuan nasional yang melibatkan seluruh komponen bangsa, baik dari unsur nasionalis, agamis maupun kerakyatan.

Menurut Agus Jabo, landasan persatuan nasional jadi momen yang tepat untuk rekonsiliasi nasional memperkokoh kedaulatan bangsa dan kesejahteraan rakyat.

“Kita harus kembali ke jati diri bangsa dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar dan bintang untuk mewujudkan Indonesia yang adil makmur," tutur dia.

"Semua itu bisa diwujudkan dengan jalan Persatuan nasional dengan landasan rekonsiliasi nasional untuk Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur,” lanjutnya.

Baca Juga: SBY Temui Prabowo di Hambalang: For You, Saya Siap Turun Gunung!

3. Prima tak lolos peserta Pemilu 2024 hingga sempat bikin heboh soal tunda pemilu

Ikut Sambut SBY di Rumah Prabowo, Ketum Prima: Kami DiundangKonferensi pers sikap DPP Prima terhadap Putusan Bawaslu RI dan Lanjutan Putusan PN Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui, pada Minggu (17/9/2023), Agus Jabo dan beberapa jajaran DPP PRIMA lainnya sempat diundang Prabowo Subianto ke Padepokan Garuda Yaksa Hambalang Bogor untuk menyambut kedatangan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Adapun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebelumnya menyatakan Prima tidak memenuhi syarat sebagai parpol peserta Pemilu 2024. Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam tahap verifikasi faktual. Namun uniknya, partai yang berisikan aktivis itu diundang Gerindra ke rumah Prabowo bersama jajaran elite parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Prima juga pernah menghebohkan publik lantaran gugatannya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus) yang meminta agar menunda tahapan Pemilu 2024 hingga Juli 2025. Bahkan gugatan itu sempat dikabulkan.

Putusan tersebut membuat penyelenggaraan Pemilu 2024 terancam gagal terlaksana sesuai jadwal alias tertunda.

Namun gugatan Prima soal tunda pemilu dimentahkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta yang mengabulkan eksepsi Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas putusan PN Jakpus. PN Jakpus dinyatakan tidak berwenang mengadili gugatan Prima.

Kemudian dalam putusannya, PT Jakarta juga mengabulkan permohonan banding KPU terkait putusan PN Jakpus yang menunda tahapan pemilu 2024. Putusan banding tersebut dianulir menjadi tahapan pemilu tidak ditunda.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya