Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Menguat di Jatim

Kedekatan Prabowo dan Jokowi pengaruhi elektabilitas

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jawa Timur, meningkat beberapa waktu terakhir. Hal itu dinilai terjadi akibat kedekatan Prabowo dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Prabowo memang kerap menemani Jokowi saat melakukan kunjungan kerja beberapa waktu terakhir. Hal itu dinilai menjadi sinyal dukungan Jokowi kepada Prabowo.

Baca Juga: Menhan Prabowo Main Air bareng Anak-anak di Gunungkidul

1. Kedekatan Jokowi dan Prabowo dinilai bawa pengaruh besar

Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Menguat di JatimPrabowo Subianto silaturahmi ke rumah Jokowi di Solo, Jawa Tengah (Dok. Tim Prabowo)

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, kedekatan Jokowi dan Prabowo membawa pengaruh besar.

Hal itu membuat sejumlah daerah yang menjadi basis suara pendukung Jokowi mengalihkan dukungannya ke Prabowo.

“Tentu karena faktor Jokowi itu ngga bisa dibantah jadi kedekatan Prabowo dan Jokowi dalam banyak hal membuat kantong-kantong basis massa yang selama ini banyak dukung Jokowi juga sebagian mendukung Prabowo,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Jokowi: Setiran Prabowo Alus

2. Jatim akan jadi arena pertarungan sengit Pilpres 2024

Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Menguat di JatimIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Kedekatan Prabowo dan Jokowi belakangan ini memang menyita perhatian publik. Kedekatan itu membuat banyak pihak menilai keduanya telah menjalin kerja sama dalam kontestasi demokrasi pada 2024.

Oleh sebab itu, Adi menegaskan, Jatim akan menjadi arena pertarungan yang sangat sengit bagi Prabowo pada Pemilu 2024.

Di sisi lain, dia meyakini Prabowo sudah mempunyai strategi jitu mendongkrak perolehan suaranya bagi semua lapisan masyarakat di Jatim.

“Yang pasti bagi Prabowo Jatim salah satu battleground yang harus dimaksimalkan potensi suaranya karena Jatim ini kan jadi kuburan politik dalam tanda kutip bagi Prabowo di 2014 dan 2019,” imbuh Adi.

Baca Juga: Tingkah Jenaka Prabowo Pikat Hati Warga Gunungkidul

3. Relawan Khofifah 2018 dukung Prabowo Capres 2024

Jokowi Jadi Faktor Elektabilitas Prabowo Menguat di JatimRelawan Khofifah Indar Parawansa Pilgub 2018 Jawa Timur mendukung Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto maju sebagai capres (dok. Istimewa)

Sebelumnya, sekelompok orang yang mengatasnamakan Relawan Khofifah Indar Parawansa Pilgub 2018 Jawa Timur mendukung Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto maju sebagai capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Relawan Khofifah tersebut mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo dalam acara bertajuk 2024 Blitar Tak Gentar Dukung Prabowo di Lapangan Tlogo Blitar, Selasa (8/8/2023).

Koordinator dan Tokoh Relawan Khofifah Jawa Timur 2018, Purwanto menilai, Prabowo merupakan sosok yang layak memimpin Indonesia di masa depan.

“Kami adalah relawan Khofifah dan kami mengadakan acara ini tujuannya untuk bagaimana Bapak Prabowo Subianto di Pilpres 2024, untuk menjadi RI 1,” kata Purwanto.

Purwanto menjelaskan, dukungan itu diberikan karena Prabowo punya kapabilitas mumpuni menjadi Presiden Indonesia berikutnya. Menurutnya, Indonesia harus dipimpin oleh sosok yang berkualitas secara nasional maupun internasional.

“Tujuan kami mendukung Bapak Prabowo, adalah Indonesia ini sangat besar, Indonesia ini negara besar, cocok di bawah kepemimpinan beliau. Hanya Pak Prabowo lah yang mampu meneruskan dari Bapak Presiden Jokowi,” ucapnya.

Selain itu, Prabowo dianggap sebagai figur yang berjiwa besar. Purwanto lantas memberikan contoh ketika Prabowo bergabung kepada kabinet pemerintahan Presiden Jokowi pada 2019 silam.

“Di mata kami Pak Prabowo adalah pemimpin berjiwa besar, kenapa saya katakan itu, karena beliau yang dulunya rivalnya Pak Jokowi, beliau mampu dengan sederhana mau membaur menjadi satu dengan Pak Jokowi,” tutur dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya