Jokowi: Setiran Prabowo Alus

Jokowi menceritakan momen saat disopiri Prabowo

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/8/2023). Pertemuan yang berlangsung sekitar 2,5 jam itu diselingi canda dan gelak tawa.

Dalam pertemuan itu, Jokowi rileks dan semringah. Mulanya, Jokowi bercerita tentang kegiatannya menjajal LRT Jabodebek bersama sejumlah artis, pagi tadi.

"Ya, tadi pagi kan saya baru naik LRT dengan para artis," ujar Jokowi, Kamis (10/8/2023).

Jokowi kemudian menyebutkan beberapa nama artis, seperti Prisia Nasution, Chelsea Islan, Cak Lontong, dan Aurelia.

"Nanti coba LRT dengan pemimpin redaksi, coba kereta api cepat, dari situ kita terbang melihat perkembangan IKN, ya. Dari (Bandara) Halim kan bisa terbang ke IKN, karena saya optimis 17 Agustus 2024 kita bisa melakukan upacara 17-an di Istana yang baru," ucap dia.

Baca Juga: Ini Keunggulan Maung, Rantis Pindad yang Dinaiki Jokowi dan Prabowo

1. Jokowi cerita soal disopiri Prabowo naik mobil Maung

Jokowi: Setiran Prabowo AlusPresiden Jokowi bertemu dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam pertemuan itu, Pemimpin Redaksi IDN Times, Uni Lubis menanyakan momen Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Jokowi yang disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat berkunjung ke PT Pindad di Kabupaten Malang, pada 24 Juli 2023. 

Pada momen tersebut, Jokowi dan Iriana duduk di kursi belakang. Sementara, di kursi depan samping Prabowo, ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Itu siapa yang ngatur, karena kemudian menimbulkan banyak penafsiran?" tanya Uni Lubis.

"Tapi setiran Pak Prabowo memang alus," jawab Jokowi sambil tertawa.

Jokowi mengaku tidak tahu siapa yang mengatur, sehingga posisi duduk di mobil seperti itu.

"Saya tidak tahu siapa yang mengatur, pokoknya saya diberi tahu bahwa dari tempat berkegiatan ke kegiatan berikutnya itu jaraknya 1,5 kilometer. Jadi, sudah disiapkan itu mobilnya. Langsung Pak Prabowo yang menyetir, soalnya kalau saya yang menyetir kan saya sudah 20 tahun tidak menyetir, lagi pula kalau saya yang menyetir nanti gimana Ibu Iriana di belakang kan gimana," ucap Jokowi kembali tertawa.

Baca Juga: Jokowi Pertimbangkan Hapus Sistem Zonasi PPDB

2. Jokowi senang ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5 persen

Jokowi: Setiran Prabowo AlusPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Di depan para pemimpin redaksi media massa, Jokowi mengaku optimistis ekonomi Indonesia akan semakin tumbuh. Jokowi menyampaikan kejutan bahwa ekonomi Indonesia berhasil tumbuh di angka 5,17 persen di kuartal II 2023.

Padahal sebelumnya diperkirakan hanya 4,9 persen atau 5 persen. Hilirisasi berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi ini.

Jokowi mencotohkan, hilirisasi nikel di Maluku Utara membuat pertumbuhan ekonomi mencapai 23 persen di wilayah itu. Presiden Jokowi kemudian membacakan angka pertumbuhan ekonomi di provinsi besar di Indonesia. 

Baca Juga: Jokowi Ajak Artis dan Influencer Jajal Kereta LRT

3. Jokowi sebut masih ada pekerjaan rumah

Jokowi: Setiran Prabowo AlusPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengakui, masih ada pekerjaan rumah besar, salah satunya membuat pertumbuhan itu diikuti dengan pemerataan ekonomi.

"Ini pekerjaan rumah kita, karena uang-uang itu masih larinya ke Jakarta. Jadi kegiatan ekonomi di luar Jawa itu masih belum memberikan pemerataan ekonomi, karena uangnya lari ke Jawa, khususnya Jakarta. Kenapa? Karena kantor-kantor pusatnya kan masih di Jakarta," kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya