PAN Usulkan Nama Baru Koalisi: Indonesia Maju Berdaulat

Melanjutkan pembangunan pemerintahan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PAN, Zukifli Hasan, mengusulkan nama baru untuk koalisi yang baru-baru ini mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang. Koalisi itu berisikan Gerindra, PAN Golkar, PBB dan PKB.

“Saya usulkan namanya Koalisi Indonesia Maju Berdaulat,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangannya, dikutip Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Bamsoet Buka Sidang Tahunan MPR dengan Pantun, Singgung Koalisi Parpol

1. Kedaulatan sebagai kelanjutan pemerintahan Jokowi

PAN Usulkan Nama Baru Koalisi: Indonesia Maju BerdaulatKetua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan bersama petinggi PAN dan kader PAN mendaftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pria yang akrab dipanggil Zulhas itu menitikberatkan isu kedaulatan sebagai kelanjutan dari keberhasilan pemerintahan Jokowi yang fokus pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Menurut Zulhas, kedaulatan di bidang pangan, energi, dan lainnya menjadi hal penting untuk dicapai oleh pemerintahan selanjutnya.

“Pembangunan dalam bidang ekonomi dan infrastruktur yang telah dikerjakan Kabinet Indonesia Maju secara gemilang, perlu dilanjutkan dengan mengawal kedaulatan di bidang pangan dan energi. Swasembada pangan merupakan mandat pemerintahan berikutnya yang harus disukseskan bersama,” ujar Zulhas.

Baca Juga: Zulhas Pastikan Koalisi Indonesia Bersatu Sudah Bubar

2. Prabowo undang sejumlah parpol koalisi ke acara seminar

PAN Usulkan Nama Baru Koalisi: Indonesia Maju Berdaulat(IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Koalisi Gerindra, PAN, Golkar, dan PKB menunjukkan soliditas sejak dideklarasikan Minggu (13/8/2023) lalu di Gedung Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Masing-masing partai terus melakukan komunikasi kepada satu sama lain.

Terbaru, Prabowo melalui Institute Kajian Strategis UKRI mengundang fungsionaris partai koalisi dalam acara bertajuk “Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” di Hotel Bidakara, Jakarta (15/8/2023) malam.

Dalam acara tersebut, Prabowo memaparkan sejumlah visi dan program yang menegaskan komitmen untuk melanjutkan keberhasilan pemerintahan sebelumnya pada Kabinet Indonesia Maju. Dengan penekanan yang lebih kuat pada aspek kedaulatan dan daya saing di tingkat global.

“Program pro rakyat yang diusung oleh Presiden Joko Widodo perlu kita lanjutkan dan kita perkuat lagi. Karena program tersebut bisa melindungi perekonomian bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” ujar dia.

3. Jajaran elite parpol koalisi hadir

PAN Usulkan Nama Baru Koalisi: Indonesia Maju BerdaulatMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, Prabowo datang bersama sejumlah petinggi Gerindra, di antaranya Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo, dan jajaran lainnya.

Dalam acara itu turut hadir para elite partai lainnya, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor, Wakil Ketua Umum PBB Dwianto Ananias, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus, dan Ketua DPD Golkar Jabar.TB Ace Hasan Syadzily.

Selain itu tampak juga, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Sekretaris Jenderal Partai Buruh Ferri Nuzarli, Plt Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, Sekretaris Jenderal Partai Buruh Ferri Nuzarli.

Sebagaimana diketahui, Prabowo pada awal tahun 2020 lalu, menunjuk Sufmi Dasco Ahmad sebagai rektor baru UKRI Bandung. Rektor UKRI sebelumnya, yakni Boyke Ambo Setiawan, telah wafat.

Prabowo merupakan Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Republik Indonesia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Fenomena Koalisi Gemuk, Semakin Buka Peluang Menang di Pemilu 2024?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya