PAN Yakini Kaesang Dukung Prabowo Usai Gabung PSI

PSI sering hadiri acara deklarasi Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani, meyakini putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep akan mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pemilu 2024.

Saat ini, Kaesang resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Zita menuturkan, meski belum secara resmi mendeklarasikan dukungan, elite PSI sering menghadiri acara deklarasi Prabowo. Menurutnya, itu menjadi sinyal kuat bahwa PSI akan segera gabung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kan kemarin (elite PSI) hadir kan di Rapimnas Demokrat dan juga foto bareng bersama ketua umum-ketua umum lainnya yang mendukung (Prabowo), jadi kayanya sih sinyal-sinyal-nya akan mendukung ya," kata dia dalam acara diskusi Total Politik di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Kaesang Resmi Gabung PSI, Deddy PDIP: Hanya Jadi Anggota, Gak Pantes

1. Zita berkelakar pertanyakan mengapa Kaesang tak gabung PAN

PAN Yakini Kaesang Dukung Prabowo Usai Gabung PSIKetua DPP PAN, Zita Anjani (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Zita juga sempat berkelakar mengapa Kaesang tak bergabung dengan PAN yang memang mengusung Prabowo. Dia pun menyebut partai berlambang matahari itu tak beda dengan PSI dalam hal dekat dengan anak muda.

"Tapi menyesalnya begini lho. Kenapa enggak ke PAN aja gitu loh, kenapa ke PSI gitu. Kalau ke PAN kan lebih asyik, bisa gabung di blue squad," ujar dia sambil tertawa.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Jadi Oposisi Prabowo Jika Gagasannya Banyak Ditolak

2. PDIP sayangkan jika Kaesang cuma jadi anggota di PSI

PAN Yakini Kaesang Dukung Prabowo Usai Gabung PSIKaesang Pangarep usai menerima KTA dari PSI. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP, Deddy Yevry Sitorus mengaku menyayangkan Kaesang gabung PSI hanya menjadi anggota biasa. Padahal, kata dia, Kaesang merupakan putra orang nomor satu di Indonesia.

"Kalau saya sih jujur saja, kalau Kaesang masuk ke PSI hanya jadi anggota untuk segede anak presiden itu, gak pantaslah," kata dia dalam acara diskusi Total Politik di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2023).

Deddy menegaskan, Kaesang harusnya bisa menduduki jabatan struktural PSI di tingkat pusat. Minimal, ujarnya, Kaesang bisa duduk di jajaran Dewan Pembina PSI.

Dengan demikian, Kaesang bisa langsung membawa pengaruh dan belajar politik dengan cepat.

"Untuk PSI yang dikelola oleh kakak-kakak Dewan Pembina ini, harusnya kaesang masuk jajaran dewan pembina dong, untuk levelnya Mas Kaesang, supaya di sana langsung bertanggung jawab, langsung belajar," tegas dia.

"Minimal Sekretaris Dewan Pembina lah biar cepat belajarnya kayak jalan tol. Ketum mah kapan aja mau diganti bisa kalau di PSI," lanjut Deddy.

Baca Juga: Ada Usulan Ganjar Jadi Cawapres Prabowo, Ganjarian: Jangan Halusinasi!

3. PSI sambut positif gabungnya Kaesang

PAN Yakini Kaesang Dukung Prabowo Usai Gabung PSIPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka, memastikan Kaesang baru saja menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai kader PSI.

"Betul (Kaesang menerima KTA PSI), baru saja selesai. Mohon doanya," kata dia kepada IDN Times, Sabtu (23/9/2023).

Isyana mengatakan, PSI menyambut baik bergabungnya Kaesang. Menurut dia, hal itu bisa menambah energi positif bagi kader PSI di seluruh daerah.

"Kami senang sekali mendapatkan tambahan energi baru dan makin menambah semangat bagi seluruh kader kami di PSI," tutur dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya