Purnawirawan Pendukung Prabowo Imbau Agar Relawan Kawal TPS

Relawan diimbau jadi saksi dan jaga TPS

Jakarta, IDN Times - Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) menggelar rapat akbar apel persiapan gerakan penggalangan bagi relawan yang tergabung dalam perkumpulan relawan bernama Badan Relawan Prabowo (BRP). Para relawan diimbau agar turun langsung mengawal Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tercatat di lapangan, terdapat 120 relawan bentukan PPIR yang menyebar di akar rumput hingga TPS di seluruh wilayah Indonesia. Ratusan relawan tersebut berasal dari berbagai latar belakang komunitas, profesi dan daerah.

Baca Juga: Gen Z, Ini Alasan Suara Pemilih di Pulau Jawa Jadi Rebutan Capres

1. Tugas pokok relawan PPIR

Purnawirawan Pendukung Prabowo Imbau Agar Relawan Kawal TPSKonsolidasi relawan PPIR (dok. Istimewa)

Ketua PPIR dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun memberikan arahan bahwa tugas utama relawan ialah penggalangan dan kemenangan.

"Tugas pokok dan fungsi relawan di bawah komando PPIR adalah penggalangan dan pemenangan. Dimana setiap individu relawan melibatkan diri di organisasi masing-masing, melakukan penggalangan di lingkungannya," kata Musa dalam keterangannya, Minggu (12/11/2023).

Baca Juga: Gen Z Memilih, Ternyata Begini Peran Gen Z di Pemilu 2024

2. Relawan diminta siap jadi saksi dan awasi TPS

Purnawirawan Pendukung Prabowo Imbau Agar Relawan Kawal TPSIDN Times/Febriyanti Revitasari

Musa lantas mengimbau kepada para relawan agar menyiapkan diri untuk menjadi saksi sekaligus mengamankan TPS.

"Serta bersiap diri pada hari H ketika dibutuhkan untuk saksi, pengamanan atau pengawasan saat pencoblosan," tegas dia.

Baca Juga: CCTV KPU Dipantau Polisi, Hasyim: Tak Perlu Dikhawatirkan

3. Relawan diimbau tidak lakukan kampanye hitam

Purnawirawan Pendukung Prabowo Imbau Agar Relawan Kawal TPSIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Lebih lanjut, Musa juga menekankan agar para relawan tidak melakukan kampanye hitam (black campaign) dengan menjelek-jelekan atau sejenisnya kepada kubu lain.

"Saya mengajak setiap relawan untuk menciptakan kesejukan, ketenangan dan memberikan edukasi politik yang baik dan benar, serta menghindari perpecahan sesama anak bangsa," ujar Musa Bangun.

Sementara, Ketua Relawan Pejuang Bunda Pertiwi (BP), Shesan Nazar Kanin mengungkapkan pentingnya perjuangan relawan untuk mengawal arah perjuang bangsa Indonesia ke depan.

"Kita adalah relawan pejuang untuk membebaskan kondisi dari belenggu-belenggu yang menghambat Indonesia mencapai tujuan keadilan dan kemakmuran melalui jalur politik konstitusional," tegas Shesan.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya