Yusril Minta Parpol Koalisi Legowo Siapapun Cawapres Pilihan Prabowo

Wajar jika banyak parpol mengusulkan nama cawapres

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada partai politik yang mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024 legowo menerima siapapun cawapres yang akan dipilih.

Adapun saat ini parpol peserta Pemilu 2024 yang mendukung Prabowo yakni PKB, PBB, Golkar, dan PAN.

Baca Juga: Zulhas: PAN Dukung Prabowo Jadi Capres 2024 karena Yakin Akan Menang

1. Yusril nilai Prabowo akan pilih sosok cawapres yang tepat

Yusril Minta Parpol Koalisi Legowo Siapapun Cawapres Pilihan PrabowoKetua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Yusril meyakini Prabowo sebagai figur yang matang dalam berpolitik. Sehingga dia percaya Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut akan memilih sosok cawapres yang tepat.

"Apapun yang diputuskan Prabowo harus diterima dengan legowo alias diterima dengan hati terbuka oleh partai-partai yang mencalonkan. Saya percaya, Prabowo cukup matang dan bijak dalam memutuskan hal ini," ucap dia dalam keterangannya, Selasa (15/8/2023).

2. Wajar sejumlah parpol mengusulkan nama cawapres

Yusril Minta Parpol Koalisi Legowo Siapapun Cawapres Pilihan PrabowoKetua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati begitu, Yusril mewajarkan apabila masing-masing partai pengusung menawarkan sejumlah nama untuk dijadikan sebagai cawapres kepada Prabowo. Namun dia menegaskan, Prabowo akan bijak dalam memilih pasangannya di Pilpress 2024, tentu dengan mempertimbangkan sejumlah aspek.

"Pada hemat saya, adalah wajar jika PKB, PBB, Golkar dan PAN masing-masing menawarkan cawapres yang mereka jagokan kepada Prabowo. Biar Pak Prabowo yang memutuskan dengan bijak siapa bacapres yang paling pas dengan memandang elektabilitas, kemampuan intelektual, stabilitas emosional dan pengalaman masing-masing," jelas dia.

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo Terpopuler, Gibran Ngaku Tak Percaya

3. Golkar dan PAN susul PKB-PBB dukung Prabowo, siapa cawapresnya?

Yusril Minta Parpol Koalisi Legowo Siapapun Cawapres Pilihan PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sebagaimana diketahui, tiket Ketua Umum Prabowo Subianto melenggang sebagai capres di Pemilihan Presiden 2024 semakin kuat, setelah didukung Golkar dan PAN. Dengan merapatnya 2 partai ini, total saat ini sudah 4 partai yang mengusung Prabowo untuk memperebutkan kursi RI 1 di Pilpres 2024, yakni PKB, PBB, Golkar, dan PAN.

Lalu, siapa yang akan mendampingi Prabowo sebagai cawapres di Pilpres 2024? Usai acara deklarasi, Prabowo menjawab pertanyaan tersebut.

"Pembicaraan tentang cawapres kita sudah sepakat, bahwa kita akan terus berdiskusi, musyawarah untuk mencari calon yang terbaik yang bisa diterima oleh keempat partai ini," ujar Prabowo di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Prabowo ingin semua partai politik yang bergabung di koalisi memiliki hak yang sama dalam menyuarakan cawapres. Oleh karena itu, masih perlu diskusi lebih lanjut.

"Bahwa setelah bergabung, tentunya kita akan menganggap bahwa semua partai yang sekarang dalam koalisi politik, ini kerja sama politik, ini adalah sahabat, saudara yang satu bagian, satu tim, kita akan selesaikan masalah itu sebagai satu tim," kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya