Yusril: Saya Instruksikan PBB di Daerah Bentuk Relawan Prabowo

Yusril apresiasi jajaran PBB pusat maupun daerah

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, menggelar konsolidasi pemenangan Pileg PBB se-Provinsi Aceh, sekaligus deklarasi Prabowo Subianto calon presiden 2024 di Hotel Amel Convention Hall, Banda Aceh, Jumat, 11 Agustus 2023) malam.

Dalam pidato politiknya, Yusril mengungkapkan bahwa PBB telah memutuskan mencalonkan dan mendukung Prabowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

“PBB bersama dengan Partai Gerindra dan PKB yang sudah terlebih dahulu sepakat mencalonkan Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2024,” kata Yusril dihadapan kader DPW PBB Aceh dan para tamu undangan partai politik.

1. Yusril instruksikan segera bentuk tim relawan Prabowo

Yusril: Saya Instruksikan PBB di Daerah Bentuk Relawan Prabowo(dok. Istimewa)

Yusril lantas menginstruksikan agar segera dibentuk tim relawan pendukung Prabowo di daerah-daerah. Nantinya, dalam relawan itu tergabung parpol lain yang juga mendukung Prabowo. Khususnya untuk di Aceh sudah ada Gerindra, PKB, PBB, dan Partai Aceh.

Walaupun Partai Aceh tidak dalam posisi mendukung dan mencalonkan presiden karena hanya bergerak di Aceh saja dan tidak di tingkat nasional, tetapi dukungan itu sangat penting, khususnya bagi masyarakat Aceh dalam memberikan dukungan kepada Prabowo.

“Saya intruksikan kepada semua DPW seluruh Indonesia untuk segera membentuk tim relawan Prabowo dan konsolidasi ke partai-partai yang mengusung Pak Prabowo,” kata Yusril.

Baca Juga: PBB Bakal Deklarasikan Prabowo Sebagai Capres Hari Ini

2. Yusril ungkap alasan PBB dukung Prabowo

Yusril: Saya Instruksikan PBB di Daerah Bentuk Relawan PrabowoPartai Bulan Bintang (PBB) deklarasi dukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Yusril memastikan, PBB sudah melakukan kalkulasi dan perhitungan-perhitungan politik dalam memutuskan dukungan kepada Prabowo sebagai capres. Menurutnya, Prabowo merupakan figur yang punya integritas, pengalaman, dan pengetahuan.

“Mengapa PBB pilih Prabowo? Saya berpendapat, beliau adalah tokoh yang mempunyai integritas, punya pengalaman, pengetahuan, dan mempunyai kestabilan jiwa dalam menyelesaikan dan menghadapi persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan negara kita,” kata dia.

Yusril yang pernah bekerja membantu tiga presiden yakni Soeharto, BJ Habibie, dan SBY, mengaku bahwa menjadi presiden itu tidak mudah. Waktu itu, dia bertugas menganalisis, mengajukan pendapat kepada presiden, bahkan men-draft surat kepada presiden.

Selain itu, kata Yusril, presiden harus mempunyai pengalaman yang panjang dan mempunyai pengetahuan. Dia menilai, punya pengetahuan saja dan tidak punya pengalaman, akan kesulitan memimpin. Mengingat masa jabatan presiden hanya lima tahun.

Yusril mengimbau agar sejumlah tokoh tidak berambisi menjadi capres. Menurutnya yang jauh lebih penting ialah bukan bagaimana menang sebagai capres, tapi apa yang harus diakukan ketika sudah terpilih sebagai seorang presiden.

“Dan saya pikir Pak Prabowo punya keunggulan dan punya kemampuan. Dengan satu syarat, beliau mampu menempatkan orang-orang yang memang cerdas, mumpuni, mampu untuk menjadi pembantu-pembantu beliau. Karena tidak mungkin presiden kerja sendir,” tutur dia.

3. Yusril apresiasi jajaran PBB di daerah maupun pusat

Yusril: Saya Instruksikan PBB di Daerah Bentuk Relawan PrabowoKetua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Yusril juga bersyukur atas terbentuknya kerja sama baik antara Gerindra dengan PBB yang sudah berjalan di berbagai daerah.

Dia berharap, PKB semakin yakin tetap berada dalam barisan mendukung Prabowo sebagai capres. Yusril juga menekankan kepada partai lain yang belum memutuskan dukungan dapat bergabung dengan PBB, Gerindra, PKB untuk mencalonkan dan mendukung Prabowo.

“Saya dengar, meskipun belum secara resmi mengumumkan, Mualim, ketua umum Partai Aceh kabarnya juga akan memberikan dukungan kepada Pak Prabowo,” ujarnya.

“Mudah-mudahan ini dalam waktu yang tidak terlalu lama juga dapat dideklarasikan dan kita bersama-sama menggalang sebuah kekuatan yakni beberapa partai, baik partai nasional maupun partai lokal dapat memberikan dukungan langsung kepada Prabowo,” tambahnya.

Yusril juga meminta seluruh kader PBB melakukan konsolidasi dalam waktu dekat. Dia juga mengucapkan terima kasih karena seluruh jajaran di pusat maupun daerah telah menyukseskan sejumlah tahapan pemilu. Sehingga, PBB jadi salah satu parpol peserta Pemilu 2024.

“Alhamdulillah selama beberapa tahun terakhir ini kita telah membenahi partai, mengisi kekosongan-kekosongan kepengurusan baik di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten, merekrut kembali anggota-anggota, membenahi administrasi kepartaian. Dan Alhamdulillah dalam pendaftaran pemilu, PBB tidak mendapati masalah apapun dan langsung dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” ujar dia menegaskan. 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PBB Dukung Prabowo Jadi Capres, Yusril: Lama Saya Merenungkan Hal Ini

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya