Comscore Tracker

Perkosa Turis Inggris, Seorang Pria India Ditangkap

Kejadian ini terjadi pada hari Kamis dinihari waktu setempat

Goa, IDN Times - Seorang pria India ditangkap oleh pihak kepolisian India setelah memperkosa turis Inggris di negara bagian Goa barat. Kejadian ini sendiri terjadi pada hari Kamis, 20 Desember 2018, dinihari waktu setempat. Bagaimana awal ceritanya?

1. Pelaku berasal dari Tamil Nadu bagian selatan

Perkosa Turis Inggris, Seorang Pria India Ditangkapindiatoday.in

Dilansir dari BBC, seorang pria India yang ditangkap ini telah memperkosa seorang wanita Inggris berusia 48 tahun pada pukul 04:00 waktu setempat hari Kamis, 20 Desember 2018, lalu. Ketika itu, korban sedang berjalan kaki ke hotel tempat menginap dari stasiun kereta api. Pelaku telah diidentifikasi bernama Ramchandrappa dan pelaku sendiri ternyata berasal dari Tamil Nadu bagian selatan. Usai memperkosa, dia melarikan diri dengan mengambil 3 tas miliknya.

"Insiden itu dilaporkan terjadi pada subuh, sekitar pukul 4.30 pagi. Ada tempat yang sedikit sepi di jalan sana dan di sanalah lelaki itu berada. Dia membawanya ke ladang dan memperkosanya dan kemudian dia membawa tasnya bersamanya," ungkap pihak kepolisian setempar seperti yang dikutip dari CNN.

Baca Juga: Sebanyak 11 Orang Dilaporkan Tewas karena Memakan Nasi di Kuil India

2. Korban adalah pengunjung tetap ke wilayah Goa

Perkosa Turis Inggris, Seorang Pria India Ditangkapcnn.com

Di bawah hukum India, korban kekerasan seksual tidak dapat diidentifikasi di media. Polisi mengatakan wanita itu adalah pengunjung tetap ke Goa dan tinggal di dekat pantai Palolem yang terkenal ketika serangan itu terjadi. Komisi Tinggi Inggris di New Delhi mengatakan staf konsuler mendukung wanita itu dan terus melakukan semua yang kami bisa untuk membantunya.

Goa adalah salah satu daerah wisata terbesar di India. Ini berisi beberapa pantai terindah di negara itu dan menyambut ratusan ribu turis asing setiap tahun. Pada tahun 2017, lebih dari 270.000 warga negara asing melakukan perjalanan ke negara bagian itu seperti yang diungkapkan oleh Kementerian Pariwisata India.

3. Kasus pemerkosaan terhadap turis juga pernah terjadi di wilayah yang sama

Perkosa Turis Inggris, Seorang Pria India Ditangkaptwitter.com/BinaNepram

Kasus pemerkosaan yang terjadi di wilayah Goa terhadap turis asing bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya pada tahun 2017, seorang turis wanita asal Irlandia, Danielle McLaughlin, diperkosa dan dibunuh saat berlibur di Goa. Pelaku diketahui bernama Vikhat Bhagat telah ditangkap setelah kejadian tersebut dan persidangan terhadap pelaku akan dimulai pada bulan April 2019 mendatang.

Tahun 2008, seorang turis remaja wanita asal Inggris, Scarlett Keeling, juga mengalami nasib serupa saat dalam perjalanan di Goa. Sampai saat ini saja 1 orang pelaku pembunuhan serta pemerkosaan ini belum terungkap. Sebelumnya, ada 2 orang yang telah dituduh melakukan perbuatan ini dan keduanya telah dibebaskan tahun 2016. 

Kemarahan publik atas kasus pemerkosaan di India meningkat secara dramatis setelah kejadian pemerkosaan dan pembunuhan yang dilakukan oleh sekelompok geng tahun 2012 lalu terhadap seorang mahasiswi di dalam bus di New Delhi. Tahun ini kasus ini kembali menjadi sorotan politik lagi, setelah serangkaian serangan kekerasan seksual terhadap anak-anak. Namun insiden pemerkosaan dan kekerasan terhadap perempuan terus dilaporkan dari seluruh negeri.

Baca Juga: Terdakwa Pemerkosaan Bebas, Unjuk Rasa Besar Terjadi di Irlandia

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya