Comscore Tracker

Trump Organization Didakwa Pelanggaran Pajak

Tuduhan tersebut merupakan tuduhan yang begitu telak

Washington, D.C, IDN Times - Perusahaan Trump Organization dan Kepala Keuangannya, Allen Weisselberg, didakwa melakukan pelanggaran pajak pada hari Selasa, 30 Juni 2021, waktu setempat. Tuduhan tersebut merupakan tuduhan yang begitu telak terhadap Trump Organization. Bagaimana awal ceritanya?

1. Langkah ini menandai tahap terbaru dari pertempuran yang meningkat antara kejaksaan dan mantan Presiden Amerika Serikat 

Trump Organization Didakwa Pelanggaran PajakDonald Trump menari dengan musik saat ia akan turun dari panggung pada akhir reli kampanye di Carson City, Nevada, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Dilansir dari The Guardian, Trump Organization dan Kepala Keuangannya, Allen Weisselberg, telah didakwa dalam penyelidikan terkait pajak, menandai tuntutan pidana pertama terhadap perusahaan mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sejak jaksa mulai menyelidikinya sekitar 3 tahun yang lalu. Langkah ini menandai tahap terbaru dari pertempuran yang meningkat antara Kejaksaan New York dan Trump. Tuduhan terhadap Trump Organization dan Weisselberg tetap disegel pada hari Rabu, 30 Juni 2021, malam waktu setempat tetapi diperkirakan akan melibatkan dugaan pelanggaran pajak terkait dengan manfaat yang diberikan perusahaan kepada eksekutif puncak, mungkin termasuk penggunaan apartemen, mobil, dan uang sekolah.

Meskipun tak ada tuduhan yang diharapkan diajukan terhadap Trump secara pribadi, tuduhan tersebut menandai titik balik yang luar biasa bagi Trump dan kemungkinan besar akan menyusul. Jaksa New York masih menyelidiki tuduhan "uang tutup mulut" yang dibayarkan kepada wanita yang mengatakan mereka melakukan hubungan seksual dengan Trump serta klaim manipulasi harga real-estate. Tuduhan itu merupakan pukulan telak bagi Trump Organization, yang saat ini mungkin merasa lebih sulit untuk mengumpulkan uang seiring kasus berlanjut.

Mereka juga merupakan tantangan bagi ambisi politik Trump yang nyata dan Trump sendiri telah memulai serangkaian aksi protes gaya kampanyenya dan memposisikan dirinya untuk mencalonkan diri lagi sebagai Calon Presiden Amerika Serikat pada tahun 2024 ini. Jaksa telah menekan Weisselberg untuk bekerja sama dengan penyelidikan mereka tetapi sejauh ini kurang berhasil.

2. Kuasa hukum Trump mengakui tidak memperkirakan tuduhan tersebut terhadap kliennya 

Trump Organization Didakwa Pelanggaran PajakMantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Instagram.com/realdonaldtrump)

Baca Juga: Tweet Donald Trump Dijual Sekelompok Mahasiswa jadi NFT

Seorang pengacara yang mewakili Trump, Ronald Fischetti, mengatakan pada hari Selasa, 30 Juni 2021, waktu setempat bahwa dia tidak memperkirakan tuduhan terhadap Trump. Selama pertemuan virtual dengan jaksa pekan lalu, Fischetti mengatakan dia meminta Jaksa Distrik Manhattan, Cyrus Vance Jr., untuk rincian mengenai tuduhan yang sedang dipertimbangkan. Selama pertemuan pekan lalu, jaksa meninggalkan pengacara tersebut dan perusahaannya dengan kesan yang berbeda bahwa mereka telah merencanakan untuk melanjutkan tuntutan dalam beberapa hari ke depan.

Keputusan untuk mengajukan tuntutan terhadap perusahaan itu sendiri dapat memberikan pengaruh pada jaksa untuk menuntut perubahan pada tingkat perusahaan atau memungut denda sebagai bagian dari penyelesaian yang dinegosiasikan. Menurut sumber yang mengetahui percakapan antara tim hukum, Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan memberi pengacara pembela hingga Senin, 28 Juni 2021, lalu untuk mencegah jaksa mengajukan tuntutan terhadap perusahaan, yang mengawasi real-estate dan kepemilikan bisnis Trump.

Pengacara Trump Organization berencana untuk segera menghentikan kasus tersebut di pengadilan jika dakwaan diajukan oleh dewan juri, menurut mereka yang mengetahui strategi hukum tim pembela. Tim hukum percaya bahwa ancaman terhadap Trump Organization yang ditimbulkan oleh penuntutan tidak proporsional dengan dugaan pelanggaran serta merasa jaksa tidak akan dapat membuktikan bahwa kepemimpinan perusahaan, termasuk mantan Presiden Amerika Serikat, memiliki pengetahuan khusus mengenai tunjangan yang tidak pantas diberikan kepada karyawan.

Fischetti menambahkan bahwa dia yakin Kantor Kejaksaan Manhattan tidak memiliki bukti apapun yang menunjukkan bahwa Trump Organization terlibat dalam apa yang dia sebut penghindaran pajak minimal oleh individu, yang tidak pernah didakwa.

3. Menurut mantan Jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan, penyelidikan terhadap Trump begitu unik

Trump Organization Didakwa Pelanggaran PajakIlustrasi pengadilan. (Pixabay.com/12019)

Mantan jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan yang kini menjadi Profesor Hukum di Pace University, Bennett Gershman, mengatakan tidak lazim untuk membawa penuntutan karena diduga lalai membayar pajak atas manfaat dan tunjangan perusahaan, tetapi mengatakan penyelidikan itu begitu unik. Ia menambahkan mereka berbicara mengenai Trump dan Trump Organization serta mencoba untuk menjadi saksi kunci yang sejauh ini tampaknya enggan untuk bekerja sama. Menurutnya, jaksa menggunakan pengaruh apapun yang mereka miliki serta semua amunisi yang mereka miliki dan ini masih awal permainan.

Kantor Kejaksaan memperoleh tahun catatan pajak Trump pada bulan Februari 2021 lalu setelah pertempuran pengadilan yang panjang hingga mencapai Mahkamah Agung Amerika Serikat. Penyelidik dari Kantor Kejaksaan Agung New York, yang bekerja sama dengan kantor kejaksaan setempat, telah mengamankan deposisi dari beberapa pejabat tinggi Trump Organization. Pengacara Weisselberg, Duncan Levin, mengatakan kliennya telah memberikan setidaknya 10 kotak informasi kepada jaksa dan telah berjanji untuk memberikan kesaksian kepada dewan juri atau di persidangan, jika diperlukan.

Levin mengatakan kliennya hadir selama percakapan di mana Trump membahas pemberian tunjangan. Weisselberg sendiri diperkirakan akan menghadapi dakwaan karena diduga gagal membayar pajak atas keuntungan tambahan dari perusahaan dan dia diperkirakan akan menyerahkan diri pada hari Kamis, 1 Juli 2021, ini waktu setempat.

Baca Juga: Donald Trump Blusukan ke Texas Hanya untuk Mengejek Joe Biden

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya