ilustrasi upah (pexels.com/Pavel Danilyuk)
Kenaikan upah sebesar 1,6 persen tersebut berasal dari dua komponen berbeda. Menurut laporan Free Malaysia Today, pemerintah mengalokasikan penyesuaian inflasi sebesar 1 persen serta tambahan kenaikan sebesar 0,6 persen.
Menteri Tenaga Kerja Jean-Pierre Farandou memaparkan rincian kebijakan tersebut dalam konferensi pers. Ia menjelaskan bahwa pemerintah mengambil dua keputusan terkait upah minimum atau SMIC, yakni mempercepat pemberlakuannya dan meningkatkan besaran kenaikan menjadi 1,6 persen.
“Mengenai SMIC, kami telah memutuskan dua hal: memajukan kenaikan menjadi 1 Desember dibandingkan 1 Januari, dan menaikkan kenaikan ini menjadi 1,6 persen,” katanya, dikutip Al Jazeera.
Lecornu meminta masyarakat tidak menganggap remeh penyesuaian tersebut. Ia menyebut kenaikan kali ini sebagai yang terbesar kedua dalam kurun waktu 20 tahun sekaligus menepis anggapan bahwa kebijakan tersebut hanya bersifat simbolis.
Pemerintah juga telah memperhitungkan dampak kebijakan itu terhadap lapangan pekerjaan. Sebelumnya, penyesuaian upah minimum juga berlangsung pada Juni lalu dengan tambahan sebesar 35 euro (sekitar Rp709 ribu) setelah lonjakan inflasi terjadi.
Prancis biasanya menyesuaikan upah minimum setiap Januari berdasarkan tingkat inflasi. Adapun kenaikan tambahan di luar mekanisme penyesuaian otomatis tersebut terakhir kali dilakukan pada 2012.