Pesona Indonesia Jadi Pusat Perhatian Warga Norwegia 

Indonesia ikut serta di Travel Expo 2024 di Oslo

Jakarta, IDN Times - Indonesia menjadi pusat perhatian pada pameran pariwisata terbesar di Norwegia bertajuk Travel Expo 2024 yang digelar di Oslo.

Dalam dua hari pameran, booth Indonesia dipadati calon wisatawan Norwegia yang sangat antusias melakukan perjalanan ke Indonesia.

“Melalui keikutsertaan KBRI Oslo di Travel Expo ini, kami ingin lebih meningkatkan lagi jumlah kunjungan wisatawan asal Norwegia ke Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Norwegia, Teuku Faizasyah, dalam keterangan KBRI Oslo yang diterima IDN Times, Senin (15/1/2024).

Faizasyah mengatakan, pada tahun 2023, jumlah wisatawan Norwegia ke Indonesia mencapai sekitar 19 ribu orang. Jumlah ini meningkat lebih dari 90 persen dari tahun 2022 yang hanya 10 ribu orang.

“Angka ini adalah cerminan meningkatnya minat wisatawan Norwegia ke Indonesia yang sempat menurun karena pandemik COVID-19,” lanjut mantan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI ini.

Baca Juga: Norwegia Akan Kirimkan 2 Jet Tempur F-16 ke Denmark

1. Indonesia pikat warga Norwegia yang cari suhu hangat

Pesona Indonesia Jadi Pusat Perhatian Warga Norwegia Pameran wisata Indonesia di Travel Expo 2024 Norwegia. (dok. KBRI Oslo)

Pada Travel Expo 2024, booth Indonesia menampilkan tema Escape the Winter. Tema ini diambil untuk mengambil momentum peningkatan tren liburan masyarakat Norwegia ke negara tropis pada libur musim dingin.

Musim dingin di Norwegia yang mencapai -30 celcius membuat warga Norwegia memilih berwisata ke negara yang lebih hangat.

Baca Juga: Norwegia Izinkan Penjualan Senjata Langsung ke Ukraina

2. Indonesia kenalkan lokasi wisata selain Bali

Pesona Indonesia Jadi Pusat Perhatian Warga Norwegia Pameran wisata Indonesia di Travel Expo 2024 Norwegia. (dok. KBRI Oslo)

Dalam pameran ini, Indonesia memperkenalkan tujuan wisata selain Bali seperti Jakarta, Yogyakarta, Sumatra Barat, Lombok, Sumatra Utara dan Barat, dan Sulawesi Utara.

“Termasuk melalui pertunjukan budaya tarian Bona Jeges dari Sumatra Utara dan tarian ondel-ondel dari Jakarta yang dipadati oleh penonton pameran. Selain itu, Indonesia juga menyediakan kopi Indonesia dan permainan alat musik Gambang yang menjadi magnet pengunjung,” tutur Faizasyah.

Baca Juga: Eks Jubir Kemlu Resmi Jadi Dubes RI untuk Norwegia

3. Warga Norwegia ingin lebih mengeksplor Indonesia

Pesona Indonesia Jadi Pusat Perhatian Warga Norwegia Pameran wisata Indonesia di Travel Expo 2024 Norwegia. (dok. KBRI Oslo)

Selama dua hari pameran, booth Indonesia dipadati pengunjung untuk membeli paket pariwisata Indonesia.

Sering pula ditemukan wisatawwan yang telah mengunjungi Indonesia sebelumnya dan ingin berwisata kembali ke Indonesia untuk mengeksplorasi tujuan wisata unik.

Berdasarkan data dari Travel Expo dan statistik Norwegia, dengan waktu libur musim panas dan dingin yang lebih dari 30 hari, wisatawan Norwegia adalah tipe wisatawan yang memiliki periode wisata panjang dan memiliki tingkat pengeluaran wisata tinggi.

Tipe perjalanan yang digemari calon wisatawan Norwegia adalah tempat wisata yang unik dan tinggi budaya termasuk hiking dan diving. Di sisi lain, wisatawan Norwegia juga mengharapkan tujuan wisata yang memiliki fasilitas dan transportasi baik.

Baca Juga: Palestina Kritik Menlu AS karena Tutup Mata soal Korban Gaza 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya