Prabowo: Pemerintah Baru Indonesia Siap Kerja Sama dengan China 

Prabowo nyatakan akan lanjutkan kebijakan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih RI sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menyatakan, pemerintah baru Indonesia bersedia mendorong kerja sama antara Indonesia dan China ke depannya, terutama di bidang perdagangan dan pengentasan kemiskinan.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri China, Selasa (2/4/2024), Prabowo diterima oleh Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing, Senin (1/4/2024).

“Pemerintah baru Indonesia juga akan memegang One China Policy atau Kebijakan Satu China, mendorong hubungan dua negara untuk berkembang dan semakin komprehensif,” kata Prabowo.

Baca Juga: Temui Xi Jinping, Prabowo Akui Senang Bisa Kunjungi China

1. Siap lanjutkan kebijakan Jokowi

Prabowo: Pemerintah Baru Indonesia Siap Kerja Sama dengan China Pertemuan Presiden Xi Jinping dengan Prabowo Subianto di Beijing. (dok. news.cn)

Selain itu, Prabowo disebut siap melanjutkan kebijakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo terhadap China, serta menjunjung tinggi kemerdekaan dan kemandirian kedua negara.

Prabowo dan Xi juga membahas kerja sama antarnegara, di mana China adalah mitra kerja sama yang kuat untuk Indonesia, pun sebaliknya. Misalnya, beberapa tahun belakangan ini perusahaan China aktif dan membantu pembangunan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Dari China, Prabowo Terbang ke Jepang Temui PM Kishida

2. Indonesia dan China siap bekerja sama di isu regional dan global

Sementara itu, untuk urusan politik, disebutkan bahwa Prabowo siap bekerja sama lebih erat dengan China, terutama dalam isu regional dan global.

“Prabowo mengapresiasi China selalu menjunjung keadilan dalam urusan internasional, terutama masalah Palestina. Indonesia bersedia meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan China dalam urusan internasional dan regional, memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kerja sama Selatan-Selatan,” sebut pernyataan Kemlu China.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Prabowo

3. Xi Jinping selamati kesuksesan Prabowo dalam pilpres

Mengawali pertemuan ini, Xi terlebih dahulu mengucapkan selamat kepada Prabowo atas terpilihnya sebagai presiden Indonesia dan meminta dia menyampaikan salam tulus kepada Jokowi.

Xi juga mengatakan, dalam 10 tahun yang lalu, ia dan Jokowi menuntun perkembangan hubungan kedua negara yang komprehensif dan pesat.

Dari China, Prabowo akan terbang ke Jepang dan bertemu dengan PM Fumio Kishida.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping Terima Prabowo, Siap Kerja Sama Lebih Luas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya