Puan: DPR Siap Ikut Jalankan Misi Diplomasi Indonesia

Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter Parliamentary Assembly

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani menegaskan bahwa DPR siap mengemban tugas untuk ikut menjalankan misi diplomasi Indonesia.

“Misi diplomasi ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki komitmen untuk membangun dunia yang lebih baik, membangun tata sosial, ekonomi, politik yang humanis dan berkeadilan sosial,” kata Puan, dalam Pidato Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Salah satu upaya yang dilakukan DPR adalah menyelenggarakan Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) di Jakarta, yang juga bertepatan dengan masa keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini.

“Forum ini merupakan forum ketua parlemen negara ASEAN yang menjadi momentum dalam memperkuat kolaborasi untuk menghadapi tantangan pada masa yang akan datang,” ucap Puan lagi.

Pertemuan ke-44 AIPA dengan tema “Responsive Parliament for a Stable and Prosperous ASEAN” sejalan dengan tema Keketuaan ASEAN, yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Puan kembali menegaskan bahwa serangkaian kegiatan diplomasi yang akan dilakukan DPR RI adalah untuk memperkuat politik luar negeri Indonesia dan menempatkan Indonesia yang semakin kuat dalam memperjuangkan kepentingan nasional di tingkat regional dan global.

Baca Juga: Jokowi: RI Masuk 6 Negara dengan Comprehensive Power Melejit di Asia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya