Temui Xi Jinping, Prabowo Akui Senang Bisa Kunjungi China

Prabowo senang bisa ke China sebagai presiden terpilih

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengaku senang  bisa mengunjungi China, usai dinyatakan menang dalam Pemilihan Presiden 2024. Hal ini ia utarakan saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Senin (1/4/2024).

“Prabowo menyampaikan salam yang tulus dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo kepada Presiden Xi Jinping. Prabowo menyatakan senang sekali memilih China sebagai negara pertama yang dikunjungi, setelah terpilih sebagai presiden Indonesia,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China, dikutip dari laman resminya, Senin (1/4/2024).

“China adalah negara besar yang mempunyai pengaruh yang penting, kedua negara selalu saling menghormati dan memperlakukan satu sama lain secara setara. Prabowo mengapresiasi hasil yang dicapai rakyat China yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, bersedia belajar pengalaman Partai Komunis China, memperdalam pertukaran pengelolaan negara,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping Terima Prabowo, Siap Kerja Sama Lebih Luas

1. Perusahaan China aktif dalam pembangunan Indonesia

Temui Xi Jinping, Prabowo Akui Senang Bisa Kunjungi ChinaPertemuan Presiden Xi Jinping dengan Prabowo Subianto di Beijing. (dok. news.cn)

Selain itu, keduanya juga membahas kerja sama antarnegara, di mana China adalah mitra kerja sama yang kuat untuk Indonesia, pun sebaliknya. Misalnya, beberapa tahun belakangan ini, perusahaan China aktif dan membantu pembangunan ekonomi Indonesia.

“Prabowo menyatakan mendukung pengembangan hubungan China dan Indonesia yang lebih erat, dan bersedia meneruskan kebijakan Presiden Jokowi terhadap China, menjunjung kemerdekaan serta memegang One China Policy yang selalu dijunjung pemerintah Indonesia, serta mendorong kerja sama dua negara yang lebih komprehensif dan berkualitas,” demikian bunyi pernyataan itu.

2. Indonesia dan China siap bekerja sama di isu regional dan global

Sementara itu, untuk urusan politik, disebutkan Prabowo siap bekerja sama lebih erat dengan China, terutama dalam isu regional dan global.

“Prabowo mengapresiasi China selalu menjunjung keadilan dalam urusan internasional, terutama masalah Palestina. Indonesia bersedia meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan China dalam urusan internasional dan regional, memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kerja sama Selatan-Selatan,” sebut pernyataan Kemlu China.

Baca Juga: Saksi Kubu AMIN Sebut Bobby Nasution Diduga Arahkan ASN Pilih Prabowo

3. Xi Jinping selamati kesuksesan Prabowo dalam Pilpres 2024

Mengawali pertemuan ini, Xi terlebih dahulu mengucapkan selamat kepada Prabowo atas terpilihnya sebagai presiden Indonesia, dan meminta dia menyampaikan salam tulus kepada Jokowi.

Xi juga mengatakan, dalam 10 tahun yang lalu, ia dan Jokowi menuntun perkembangan hubungan kedua negara yang komprehensif dan pesat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya