Comscore Tracker

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahui

Bukan semata-mata perut anjingmu membuncit

Ada kalanya kamu kesusahan membedakan anjing yang kelebihan berat badan dengan anjing yang sedang hamil mengingat keduanya memiliki perut besar. Tak hanya itu, bobot tubuhnya juga lebih berat ketimbang anjing pada umumnya.

Akan tetapi, kamu sebetulnya bisa melihat gejala-gejala lain yang ditunjukkan binatang periharaan kesayanganmu ini ketika hamil. Berikut ciri-ciri anjing hamil:

1. Nafsu makan yang berubah

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi anjing (unsplash.com/Chris Benson)

Saat hamil, nafsu makan anjing akan berubah tergantung tiap individu. Ada yang nafsu makannya bertambah banyak, ada pula yang menjadi sedikit dan sering muntah. Kondisi ini ditentukan produksi hormon di tubuh anjing tersebut.

2. Berat badan bertambah

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi timbangan anjing (dok. EBTools)

Dengan bertumbuhnya anak anjing di dalam perutnya, tidak mengagetkan bila anjing hamil punya berat badan berlebih. Tambahan berat ini akan ditentukan  banyaknya anak anjing yang sedang dikandungnya.

3. Perut yang membengkak

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi anjing hamil (bowwowinsurance.com.au)

Tentu saja dengan berat badan yang bertambah, kondisi anjing juga akan diikuti dengan perutnya yang bertambah besar. Ukuran perut itu bisa memberikanmu gambaran berapa banyak anak yang dikandung. Semakin besar perutnya, maka semakin banyak pula janin anak anjingnya.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Anjing Sakit, Butuh Pertolongan Dokter!

4. Ukuran puting yang membesar

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi anjing betina (vetexplainspets.com)

Selain berat badan dan perut yang membesar, kamu bisa melihat puting anjing mengalami perubahan pula. Perubahan itu ditunjukkan dengan berubahnya ukuran serta warna. Secara warna, puting anjing akan menjadi lebih gelap karena peningkatan aliran ke area tersebut.

5. Mudah lelah

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi anjing tidur (unsplash.com/Rebecca Hobbs)

Anjingmu tidak banyak bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur atau tergeletak di ranjang. Situasi ini akan sangat tampak kepada anjing yang aktif, namun tidak untuk mereka yang punya sifat malas bergerak. Untuk anjing pasif, kamu perlu lebih memperhatikan perubahan sifat ini.

6. Suka bersarang

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi anjing bersarang (thefarmersdog.com)

Salah satu gejala yang paling kuat mengindikasikan anjing betinamu sedang hamil. Saat memasuki minggu-minggu terakhir sebelum melahirkan, anjingmu akan tampak membuat sarang dengan cara menggali tanah, menyobek-nyobek handuk, hingga mencari tempat gelap seperti kolong tempat tidur.

7. Suka mencari perhatian

7 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Harus Kamu Ketahuiilustrasi anjing (washingtonpost.com)

Perubahan sifat anjing akibat kehamilan juga ditunjukkan dengan kebiasaan suka mencari perhatian. Anjing peliharaanmu yang sedang hamil akan banyak menghabiskan waktunya berada di sisimu dan meminta atensi terus menerus.

Jadi sebetulnya tanda-tanda atau ciri-ciri anjing hamil bisa terlihat jelas jika kamu memperhatikan dengan seksama. Bila kamu tidak menginginkan kehamilan anjing peliharaanmu, ada baiknya kamu membawa anjingmu ke dokter hewan untuk segera disterilkan.

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Fisik di Akhir Kehidupan Anjing dan Kucing Kesayanganmu

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya