Comscore Tracker

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!

Jangan sampai terlewatkan, ya!

Tak terasa, sudah tiga bulan kita menjalani tahun 2022. Benar, kita memasuki Maret 2022. Pada Februari 2022, kita sudah menyaksikan berbagai fenomena langit, dari konjungsi antara planet dan bulan hingga hujan meteor.

Oalah, kamu terlewatkan? Tidak perlu berkecil hati. Langit malam pada Maret 2022 tidak kalah meriahnya. Yuk setel alarm-mu dan nantikan fenomena langit spektakuler yang mewarnai langit Maret 2022!

1. 4 Maret: Mars dan Pluto bertemu

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!ilustrasi perbandingan Mars dan Pluto (mars.nasa.gov)

Membuka peristiwa langit Maret 2022, Mars akan bertemu dengan Pluto. Dilansir In the Sky, pertemuan antara planet ke-4 akan bertemu dengan planet paling bungsu di Tata Surya ini akan terjadi di rasi Sagittarius. Mars akan berada di magnitudo 1,2, sementara Pluto ada di 15,1.

Pemandangan ini bisa disaksikan pada pukul 02.53 dini hari waktu setempat. Untuk melihatnya, In the Sky menyarankanmu untuk menggunakan teleskop 4 inci (100mm). Selain bidang pandang yang luas tanpa halangan, pastikan langit bebas dari polusi cahaya dan dalam keadaan cerah.

2. 5 Maret: Venus berkonjungsi dengan Pluto

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!planet Venus (nasa.gov)

Saat Mars hengkang, giliran Venus yang menemui Pluto. Sama-sama di konstelasi Sagittarius, Venus akan terlihat berjarak 5°38' di utara Pluto. Venus akan berada di magnitudo -4,5, sedangkan Pluto tetap di 15,1.

Pemandangan ini akan terlihat pukul 02.50 dini hari waktu setempat. Seperti sebelumnya, In the Sky menyarankan teleskop 4 inci untuk melihat konjungsi Venus dan Pluto. Selain itu, pastikan langit cerah tanpa polusi cahaya dan bidang pandang luas tanpa ada halangan.

3. 7 Maret: Bulan menghadap Uranus

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!Ilustrasi planet Uranus (commons.wikimedia.org)

Bulan kedatangan Uranus sebagai tamu pertama pada Maret nanti. Bulan akan terlihat di magnitudo -10,9, dan Uranus di 5,8, serta keduanya akan terlihat di konstelasi Aries. Pemandangan ini dapat terlihat pada pukul 18.21 waktu setempat.

In the Sky menjelaskan bahwa pemandangan ini akan terbentang terlalu jauh untuk teleskop. Jadi, kamu bisa menggunakan teropong. Pastikan saja langit cerah tanpa polusi udara, dan tak ada halangan di bidang pandang, ya!

Sebenarnya, di tanggal ini, akan ada okultasi Bulan terhadap Uranus (Bulan melintas di depan Uranus). Namun, In the Sky memastikan fenomena ini tak akan terlihat dari Indonesia, melainkan dari daerah Pasifik Selatan (terutama di Selandia Baru).

4. 12 Maret: Venus menyapa Mars

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!ilustrasi Venus dan Mars (moonomens.com)

Sempat saling menghindar, Venus akhirnya bertemu dengan Mars. "Janjian" di konstelasi Capricornus, Venus berada di magnitudo -4,5, sementara Mars di magnitudo 1,2. Selain itu, Venus akan lewat 3°59' ke arah utara Mars.

Konjungsi antara Mars dan Venus dapat dilihat pada pukul 02.50 dini hari waktu setempat. Sementara pemandangan ini dapat dilihat dengan mata telanjang, kamu butuh teropong untuk melihatnya secara lebih detail. Jika menggunakan teleskop, kedua objek akan terlihat bak sedang bermusuhan (terlalu jauh).

Baca Juga: 10 Fenomena Langit 2022 Paling Dinanti, Jangan Terlewat!

5. 13 Maret: Venus di altitudo tertinggi di langit pagi

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!planet Venus (scienceabc.com)

Venus membuktikan dirinya sebagai "Bintang Fajar". Kenapa? Venus akan mencapai altitudo tertinggi di langit pagi. Di magnitudo -4,4, Venus akan bersinar terang.

In the Sky meramalkan fenomena altitudo tertinggi Venus akan terlihat pada 05.55 pagi waktu setempat. Saat mentari terbit, Venus akan mencapai altitudo puncak 44° di atas cakrawala.

6. 14 Maret: puncak hujan meteor γ-Normid

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!ilustrasi hujan meteor (wired.com)

Hujan meteor pertama dan satu-satunya di bulan ini, mari sambut puncak hujan meteor γ-Normid. Terlihat di konstelasi Norma, hujan meteor ini aktif dari 25 Februari—28 Maret, tetapi memuncak pada 14 Maret. Kamu dapat menyaksikan hujan meteor ini mulai pukul 22.00 malam waktu setempat.

Memuncak pada 04.00 subuh waktu setempat, hujan meteor ini akan terlihat paling indah dan dapat terlihat dengan mata telanjang. Namun, dengan 4 meteor/jam pada puncaknya, pastikan kamu memandang fenomena ini dari langit cerah tanpa polusi dan bebas dari halangan.

7. 20 Maret: Ekuinoks melawat Bumi

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!ilustrasi ekuinoks (pixabay.com/Johannes Plenio)

Ekuinoks pertama pada 2022 yang menandakan musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur untuk mereka yang berada di belahan bumi selatan. Ekuinoks berarti seluruh bagian Bumi mengalami 12 jam siang dan 12 jam malam.

Saat ekuinoks bidang khatulistiwa Bumi terhadap bidang ekliptika (jalur edar revolusi Bumi mengelilingi Matahari) sedang miring 23,5°. In the Sky memprakirakan ekuinoks musim semi ini untuk datang pada pukul 22.27 waktu setempat.

8. 21 Maret: Venus di titik terjauh Barat dari Matahari

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!planet Venus (wikimedia.org)

Setelah mencapai altitudo tertinggi di langit pagi, Venus dijadwalkan oleh In the Sky untuk mengalami elongasi barat terjauh, atau titik terjauhnya dari Matahari.

Seperti pada tanggal 13 Maret kemarin, Venus akan berada di magnitudo -4,4. Mulai terlihat pada 04:35 subuh waktu setempat, Venus akan terlihat terang pada altitudo puncak 44° di cakrawala.

9. 28—29 Maret: Kuartet Bulan, Mars, Venus, dan Saturnus menutup Maret

9 Fenomena Langit Maret 2022, Ada Ekuinoks dan Konjungsi!ilustrasi konjungsi (onlyinyourstate.com)

Menjelang akhir Maret, Bulan akan ditemani oleh tiga planet sekaligus, yaitu Mars, Venus, dan Saturnus. Oleh karena itu, pada 28 Maret pukul mulai pukul 02.37 hingga 03.00 dini hari waktu setempat, Mars (magnitudo 1,1), Venus (magnitudo -4,3), dan Saturnus (magnitudo 0,7) mendatangi Bulan (magnitudo -10,9) di rasi Capricornus.

Mars dan Bulan perlahan akan mengundurkan diri. Sisanya, pada 29 Maret, hanya tinggal Venus yang masih bersama dengan Saturnus. Dari kuartet hingga duo, In the Sky menjamin fenomena ini dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, jika ingin lebih detail, gunakan teropong karena bidang pandang teleskop terlalu sempit.

Itulah beberapa fenomena langit yang akan menemani malam harimu Maret 2022 nanti. Jangan sampai terlewat, dan stay tune untuk fenomena langit edisi April 2022 mendatang, ya!

Baca Juga: 7 Planet Tertua di Jagat Raya, Bumi Jadi Terasa Muda

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya