Comscore Tracker

5 Hantu Toilet Terkenal dari Jepang, Bikin Merinding!

Masih berani ke toilet sendirian malam-malam?

Budaya Jepang lekat dengan berbagai makhluk mitologi dan makhluk mistis. Dari sekadar urban legend, makhluk mistis dikatakan meneror penduduk Negeri Sakura. Entah mau percaya atau tidak.

Layaknya orang-orang di belahan dunia lain, masyarakat Jepang juga memiliki ketakutan sendiri terhadap kamar mandi. Mengapa? Ada hantu yang mendiaminya dan kita bisa dibawa ke neraka jika tidak hati-hati. Siapa saja mereka? Inilah daftar hantu toilet Jepang yang terkenal!

1. Aka Manto

5 Hantu Toilet Terkenal dari Jepang, Bikin Merinding!ilustrasi Aka Manto (allabout-japan.com)

Aka Manto (赤マント) adalah sosok hantu yang sering dikisahkan muncul di toilet Jepang sejak 1930-an. Seperti namanya yang berarti "Mantel Merah", sosok ini memakai mantel berwarna merah (terkadang biru) dengan wajah yang ditutupi topeng. Aka Manto sering kali diceritakan muncul di toilet perempuan bilik paling ujung.

Legenda mengatakan bahwa Aka Manto akan muncul di hadapan korban dan menanyakan apakah mereka ingin "Mantel Merah" atau "Mantel Biru". Jika merah, maka Aka Manto akan membunuhmu hingga berdarah-darah. Jika memilih biru, maka Aka Manto akan mencekik korban hingga wafat (bertubuh biru).

Jadi, bagaimana cara menghindari Aka Manto? Ada yang bilang untuk langsung lari dan ada juga menyarankan untuk menolak atau tidak mengindahkan Aka Manto.

2. Akai Kami, Aoi Kami

5 Hantu Toilet Terkenal dari Jepang, Bikin Merinding!ilustrasi Akai Kami, Aoi Kami (pinterest.com)

Versi lain dari Aka Manto, Akai Kami, Aoi Kami (赤い紙青い紙) tidak diceritakan memiliki bentuk spesifik. Hanya saja, setelah kamu selesai menggunakan toilet dan tiba-tiba ada yang menanyakan "Kertas Merah" atau "Kertas Biru", jangan dijawab antara keduanya, atau:

  • Kertas merah (Akai kami): Dibunuh hingga berdarah-darah atau dikuliti hidup-hidup.
  • Kertas biru (Aoi kami): Dicekik hingga kehabisan napas atau ditusuk hingga kehabisan darah.

Mau coba pilih warna lain? Kamu malah ditarik ke neraka. Cukup diamkan atau tak memilih hingga sang hantu hilang. Ada yang mengatakan untuk memilih warna "Kuning" karena kepala hanya akan dipaksa masuk ke air jamban. Yang penting selamat!

Baca Juga: Bikin Merinding, 10 Kisah Horor Jepang dari Lafcadio Hearn

3. Hanako-San

5 Hantu Toilet Terkenal dari Jepang, Bikin Merinding!ilustrasi hantu Hanako-san (aminoapps.com)

Cukup terkenal di kalangan masyarakat Jepang dari tahun 1950-an, Toire-no-Hanako (トイレの花子) atau Hanako-san (花子さん) adalah hantu gadis yang menghantui toilet perempuan. Konon, Hanako-san bersemayam di toilet perempuan bilik ketiga di lantai tiga.

Kisah Hanako-san menjadi terkenal di kalangan siswi Jepang hingga jadi challenger tersendiri di zamannya. Layaknya Bloody Mary, ketuk pintu bilik ketiga di lantai tiga tersebut dan tanyakan apakah Hanako-San ada di sana. Jika iya, Hanako-san akan memberikan jawaban tersendiri.

Tidak jarang, akan ada tangan (yang kadang berdarah) atau sang hantu muncul di hadapan korban dengan penampilan gadis berambut bob berseragam merah. Jika nekat, Hanako-san tidak segan-segan akan menyeret korban ke neraka bersamanya, atau korban akan dimakan oleh kadal besar berkepala tiga karena mengganggu Hanako-san.

Meski begitu, Hanako-san memiliki kisah tragis sendiri. Konon, Hanako-san adalah:

  • Seorang siswi sekolah Jepang yang tengah bermain petak umpet di zaman Perang Dunia II (PD2). Saat Jepang dilanda serangan udara oleh Sekutu, maka Hanako-san terjebak di kamar mandi dan wafat di sana.
  • Seorang siswi sekolah Jepang yang dibunuh di kamar mandi.
  • Seorang siswi sekolah Jepang yang bunuh diri di kamar mandi.

4. Akaname

5 Hantu Toilet Terkenal dari Jepang, Bikin Merinding!ilustrasi Akaname oleh Toriyama Sekien (wikimedia.org)

Akaname (垢嘗) pertama kali muncul di buku Gazu Hyakki Yagyō (画図百鬼夜行) karangan Toriyama Sekien (鳥山 石燕). Sesuai namanya yang berarti "Penjilat Kotoran", Akaname adalah hantu yang muncul di toilet dan terlihat menjilat kotoran di kamar mandi.

Meski sudah digambarkan dalam berbagai bentuk menakutkan, tak ada yang tahu bentuk aslinya. Konon, Akaname bersemayam di tempat pemandian tua atau bangunan bobrok. Hantu ini akan muncul di malam hari, dan saat orang-orang sedang tidur, Akaname akan menjilati kamar mandi kotor dengan lidah panjangnya.

Bukannya itu membantu, ya? Orang Jepang tetap menganggap Akaname menakutkan, membuat mereka terus menjaga kamar mandi tetap bersih sehingga Akaname tidak akan datang.

5. Teke Teke

5 Hantu Toilet Terkenal dari Jepang, Bikin Merinding!ilustrasi Teke Teke (wikimedia.org)

Dibuatkan filmnya pada 2009 dan sempat muncul sebagai salah satu hantu di manga Jigoku Sensei Nube (地獄先生ぬ〜べ〜), Teke Teke (テケテケ) adalah kisah menakutkan mengenai Kashima Reiko, seorang siswi Jepang yang meninggal terpotong setengah setelah ditabrak kereta.

Kashima kemudian menjelma menjadi arwah yang mencari potongan bawah badannya. Karena tak memiliki kaki, Kashima berjalan dengan siku atau tangan hingga membuat suara "teke teke".

Konon, Teke Teke juga digambarkan membawa sabit. Muncul di sekitar stasiun kereta api, Teke Teke akan menanyakan di mana bagian bawah tubuhnya. Namun, dari berbagai sumber, Teke Teke juga konon muncul di kamar mandi dan menanyakan hal yang sama ke korban.

Jika tak menjawab dengan benar, Teke Teke akan memotong bagian tubuh bawah korban. Apa jawaban yang benar? Tak ada yang tahu! Konon, jawaban yang benar adalah Jalan Tol Meishin (名神高速道路). Konon, mengetahui kisah Teke Teke sama saja mengundangnya untuk mendatangimu. Segera lupakan kisah ini, ya!

Itulah beberapa kisah hantu toilet yang terkenal di Jepang. Jika kamu pergi ke Negeri Sakura dan kebelet buang air, berdoalah agar tidak sampai bertemu dengan mereka, ya!

Baca Juga: 13 Kisah Asal-usul Lagu Anak yang Menakutkan, Merinding!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya