Comscore Tracker

5 Negara Pemberi Bantuan Luar Negeri Terbesar, Dermawan!

Negara mana saja ya kira-kira?

Di era globalisasi seperti saat ini, pastinya suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Pastinya dibutuhkan kerja sama yang kuat antar suatu negara dengan negara lainnya, baik dalam perekonomian, keamanan, teknologi, hingga kemanusiaan. Tak heran jika sejauh ini terdapat beberapa negara yang sudah menggelontorkan banyak uang negaranya untuk memberikan bantuan luar negeri terhadap negara mitra. 

Sejauh ini, terdapat beberapa negara dengan bantuan luar negeri terbanyak di dunia. Beberapa negara tersebut diketahui memiliki agenda atau kerja sama tertentu atas bantuan luar negeri yang diberikan kepada suatu negara. Berikut 5 negara penyumbang terbesar dalam hal bantuan luar negeri. 

1. Amerika Serikat

5 Negara Pemberi Bantuan Luar Negeri  Terbesar, Dermawan!potret kantor USAID milik negara Amerika Serikat(orbitdesignstudio.com)

Amerika Serikat memang dikenal sebagai negara dengan penyumbang bantuan luar negeri terbesar di dunia. Hampir seluruh negara merupakan negara penerima bantuan luar negeri dari Negeri Paman Sam itu, termasuk Indonesia. Pada tahun 2017, setidaknya Amerika Serikat sudah menggelontorkan bantuan luar negeri sebanyak 34,73 miliar dolar AS atau setara dengan 497 triliun rupiah.

Beberapa negara penerima bantuan luar negeri terbanyak antara lain ialah Afghanistan, Ethiopia, Yordania, Sudan Selatan, Kenya, Nigeria, Uganda, hingga Suriah. Sejauh ini, Amerika Serikat mempunyai berbagai lembaga untuk mengurus bantuan luar negeri seperti United States Agency for International Development (USAID), African Development Foundation (ADF), Peace Corps, dan masih banyak lagi. 

Meskipun menjadi negara penyumbang bantuan terbesar sejauh ini, tak sedikit masyarakat Amerika Serikat yang mengkritisi kebijakan tersebut. Pasalnya, kebijakan tersebut memakan anggaran negara yang sangat besar dan pastinya akan berpengaruh terhadap kebijakan perpajakan di negara tersebut. Di sisi lain, banyak juga yang berpendapat bahwa Amerika Serikat harus mempertahankan pengaruhnya di berbagai penjuru dunia dengan cara memberikan berbagai bantuan ke negara-negara yang berpotensi dapat memberikan keuntungan, baik dari segi ekonomi, geopolitik, militer, geoekonomi, dan masih banyak lagi. 

2. Jerman

5 Negara Pemberi Bantuan Luar Negeri  Terbesar, Dermawan!potret bantuan kemanusiaan dari negara Jerman(deutschland.de)

Jerman merupakan negara di Benua Eropa yang memiliki kekuatan dalam segi ekonomi dan militer. Tak heran jika Jerman merupakan negara penyumbang bantuan luar negeri terbesar di Eropa. Bantuan luar negeri yang diberikan Jerman berjumlah 25,01 miliar dolar AS atau setara 358 triliun rupiah. 

Beberapa negara penerima bantuan luar negeri terbesar dari Jerman ialah India, Suriah, Tiongkok, Turki, Irak, Afghanistan, dan Maroko. Dilansir Donor Tracker, Jerman sendiri memprioritaskan kebijakan pembangunan yang ada di Timur Tengah dan Afrika Utara dalam hal bantuan luar negeri. Sebagian bantuan luar negeri dari Jerman sendiri memang difokuskan untuk membantu para pengungsi akibat konflik domestik yang terjadi di beberapa negara Timur Tengah dan Afrika Utara.

Indonesia sendiri masuk dalam 10 besar negara penerima bantuan luar negeri Jerman dilansir Visual Capitalist. Memang, sejauh ini hubungan diplomatik Indonesia dengan Jerman dapat dikatakan cukup baik. 

Baca Juga: Muhammadiyah Berhasil Himpun Bantuan Rp7 Miliar untuk Palestina

3. Britania Raya

5 Negara Pemberi Bantuan Luar Negeri  Terbesar, Dermawan!potret distribusi UK Aid(ft.com)

Britania Raya dapat dikatakan sebagai negara ketiga pemberi bantuan luar negeri terbesar di dunia. Setidaknya terdapat bantuan luar negeri sebesar 18,1 miliar dolar AS atau setara 259 triliun rupiah yang digelontorkan oleh negara tersebut. Beberapa negara penerima bantuan terbanyak dari Britania Raya ialah Pakistan, Ethiopia, Nigeria, Suriah, dan Somalia.

Sayangnya, di masa pandemi ini, keuangan negara Britania Raya pastinya juga terdampak, apalagi negara tersebut harus menyesuaikan dengan kebijakan luar negeri untuk Brexit dari European Union(EU). Hal tersebut membuat anggaran untuk bantuan luar negeri turun dari 0,7 persen menjadi 0,5 persen dari Pendapatan Nasional Bruto(PNB) pada tahun 2021 dilansir BBC UK. 

Pastinya kebijakan untuk menurunkan nilai bantuan luar negeri sangat disayangkan oleh berbagai pihak apalagi Britania Raya merupakan salah satu penyumbang terbesar di dunia. Meskipun begitu, banyak juga yang menilai kebijakan tersebut merupakan langkah yang tepat untuk meminimalisir beban anggaran negara tersebut akibat pandemi COVID-19.

4. Jepang

5 Negara Pemberi Bantuan Luar Negeri  Terbesar, Dermawan!potret bantuan kemanusiaan dari negara Jepang(globaltimes.cn)

Jepang merupakan penyumbang bantuan luar negeri terbesar yang ada di kawasan Asia. Setidaknya negara tersebut menyumbang 11,46 miliar dolar AS atau setara dengan 164 triliun rupiah. Indonesia masuk sebagai salah satu dari 5 besar negara penerima bantuan luar negeri dari Jepang selain India, Bangladesh, Vietnam, dan Mongolia.

Ada juga beberapa negara Asia Tenggara lainnya yang menerima bantuan luar negeri tersebut dalam jumlah yang besar seperti Filipina, Myanmar, dan Thailand. Sebagian besar bantuan luar negeri dari Jepang disalurkan melalui lembaga yang bernama Official Development Assistance (ODA).

Jepang sendiri fokus dalam memperkuat kerja sama ekonomi dengan negara penerima bantuan luar negeri. Jepang juga fokus dalam membangun infrastruktur dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan dalam hal pemberian bantuan luar negeri tersebut.

5. Prancis

5 Negara Pemberi Bantuan Luar Negeri  Terbesar, Dermawan!potret bendera negara Prancis(devex.com)

Satu lagi negara dengan bantuan luar negeri terbesar ialah Prancis. Pada tahun 2017, negara tersebut sudah memberikan bantuan luar negeri sebanyak 11,33 miliar dolar AS atau setara 162 triliun rupiah. Negara penerima bantuan luar negeri dari Prancis terbesar ialah Turki, Maroko, Irak, Indonesia, Kamerun.

Prancis sendiri memprioritaskan beberapa hal aspek dalam pemberian bantuan, yaitu pendidikan, kesehatan, kesetaraan gender. Ada juga bantuan dana yang difokuskan untuk membantu mengatasi permasalahan perubahan iklim dan pembangunan ekonomi seperti bantuan luar negeri yang diberikan ke Chad, Haiti, Ethiopia, dan Senegal.

Selain kelima negara di atas, ada juga European Union, Italia, dan Swedia yang juga turun berperan besar dalam hal bantuan luar negeri. Memang, bantuan luar negeri sendiri merupakan suatu hal yang penting dalam hal meningkatkan proses pembangunan berkelanjutan yang telah disepakati oleh hampir semua negara di dunia. 

Baca Juga: PMI Akan Salurkan Donasi Publik Rp1 Miliar untuk Rakyat Palestina

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya