Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!

Ini bahan bakar efektif yang bisa terus diperbaharui

Peneliti di Tennessee menyebutkan bahwa, secara gak sengaja mereka mampu mengubah karbon dioksida menjadi ethanol. Para peneliti ini bekerja di Laboratorium Nasional Oak Ridge milik Departemen Energi.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!talkmedianews.com

Mereka berhasil mengembangkan proses dengan cara menambah "nano-spikes" - semacam semburan kecil - dari karbon dan perunggu ke karbondioksida untuk mengubahnya menjadi ethanol, tipe alkohol yang ditemukan pada hand sanitizer dan minuman beralkohol.

Karena bensin mengandung persentase ethanol cukup besar, ini adalah inovasi bahan bakar yang luar biasa.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!usatoday.com

Ethanol juga bisa diubah menjadi bahan bakar - bensin di Brazil mengandung lebih dari 25 persen ethanol - yang menjadi alasan para peneliti ini menyebutkan penemuan mereka sebagai "inovasi teknologi pengubah limbah menjadi bahan bakar".

Para peneliti ternyata menemukan inovasi ini secara gak sengaja dan mereka sendiri pun takjub.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!itechpost.com

Menurut Adam Rondinone dalam press release, pemimpin studi ini, mereka menemukan secara gak sengaja dan materialnya benar-benar berfungsi. Mereka mencoba mempelajari tahapan awal reaksi kimiawinya ketika mereka menyadari bahwa katalisnya melakukan keseluruhan reaksi dengan sendirinya.

Baca Juga: 10 Material Futuristik yang Bikin Berlian, Baja atau Beton Gak Ada Apa-apanya Lagi

Ternyata proses untuk menciptakan bahan bakar dari karbondioksida gak serumit yang para peneliti rencanakan.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!mashable.com

Eksperimen tim mereka dimaksudkan untuk menjadi salah satu dari proyek panjang yang berniat menginvestigasi bagaimana cara mengubah karbondioksida menjadi ethanol; para peneliti menemukan bahwa prosesnya membutuhkan tahapan berjenjang dan reaksi kimia yang rumit.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!wisegeek.com

Tapi ternyata eksperimennya menjadi jauh lebih mudah dari yang mereka prediksi: mereka hanya butuh satu macam katalis (perunggu) untuk mengubah karbondioksida.

Ini adalah jawaban pencarian bahan bakar yang bisa diperbaharui secara terus-menerus, sekaligus terobosan dalam ilmu pengetahuan.

Penemuan ini adalah terobosan besar, mengingat proses mengubah karbondioksida - salah satu dari polutan udara berkontribusi pada perubahan iklim - menjadi bahan bakar, yang pada akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak karbondioksida yang bisa diubah menjadi bahan bakar lebih banyak. Membakar satu kilang bahan bakar diesel memproduksi sekitar 22 pon karbondioksida.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!ornl.gov

Jika teknologi ini akhirnya bisa menjadi efisien dan tersedia secara umum, manfaatnya bisa menciptakan bahan bakar alternatif yang netral dari karbon dibandingkan harus mengolah dari fosil.

Kini Karbondioksida Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar, Kabar Baik Buat Lingkungan!en.wikipedia.org

Sayangnya belum ada perkataan bahwa teknologi tersebut akan dikeluarkan dari lab ke masyarakat. Kita berharap semoga secepatnya ya merasakan bensin murah!

Baca Juga: 18 Tanaman Penetral Kandungan Berbahaya di Udara. Kamu Harus Mulai Menanamnya!