Sejarah Penemuan Teori Gravitasi, Ternyata Bukan Hanya Newton

Bagaimana perkembangannya?

Secara ringkas, gravitasi bisa diartikan sebagai gaya tarik yang dimiliki oleh benda bermassa. Dengan kata lain, seluruh objek yang memiliki massa di alam semesta memiliki kekuatan gravitasinya masing-masing. Nah, kita tahu bahwa gagasan dan teori akan hal ini pernah dicetuskan oleh Isaac Newton, seorang ilmuwan dan ahli matematika asal Inggris.

Well, kali ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai sejarah penemuan teori gravitasi. Ternyata, ada fakta menarik bahwa sebetulnya gagasan mengenai gravitasi sudah ada jauh sebelum era Newton. Penasaran? Yuk, dibaca!

1. Gagasan tentang gravitasi dipelopori oleh Aristoteles pada zaman Yunani Kuno

Sejarah Penemuan Teori Gravitasi, Ternyata Bukan Hanya Newtonilustrasi lukisan tentang perbincangan Aristoteles dan Plato (flickr.com/Steven Zucker, Smarthistory co-founder)

Dilansir Britannica, konsep dan gagasan mengenai gaya tarik Bumi sebetulnya sudah mulai muncul sejak era Yunani Kuno. Tepatnya, ketika Aristoteles menyatakan bahwa benda jatuh disebabkan oleh sesuatu.

Namun, saat itu, filsuf tersebut memang hanya merinci bahwa benda yang jatuh ke bawah bisa disebabkan oleh keterikatan elemen tertentu. Ia tidak menjelaskan lebih jauh mengenai gravitasi sebagai penyebab objek yang jatuh ke bawah.

Aristoteles juga menyebut bahwa elemen-elemen yang ada (tanah, udara, api, dan air) di alam akan kembali dan bergerak sesuai dengan hukumnya masing-masing. Filsuf Yunani tersebut ada di era 384—322 SM atau sekitar 2.300 tahun lalu.

2. Kembali diutarakan oleh Brahmagupta II dari India

Sejarah Penemuan Teori Gravitasi, Ternyata Bukan Hanya Newtonilustrasi diagram yang merepresentasikan formula dari Brahmagupta (commons.wikimedia.org/Sourav-21)

Brahmagupta II adalah seorang ilmuwan, ahli matematika, dan filsuf alam dari India yang hidup pada 598 hingga 665. Karya-karya ilmiahnya menjadi salah satu peninggalan besar dalam sejarah sains di dunia yang juga digunakan oleh akademisi. Nah, menurut laman McGill University, Brahmagupta II berkontribusi besar bagi penemuan teori gravitasi.

Dalam pernyataannya, ia berpendapat bahwa benda yang jatuh ke tanah adalah akibat dari sifat tarik-menarik layaknya air yang memiliki sifat mengalir. Konsepnya ini sedikit melengkapi apa yang dulunya pernah digagas oleh Aristoteles pada zaman Sebelum Masehi.

3. Ibnu al-Haytham juga menuangkan gagasan mengenai gravitasi

Sejarah Penemuan Teori Gravitasi, Ternyata Bukan Hanya Newtonilustrasi lukisan ilmuwan Ibn al-Haytham (commons.wikimedia.org/Sopianwar)

Dicatat dalam laman Sciencing, seorang ilmuwan asal Irak bernama Ibnu al-Haytham pernah berjasa dalam menuangkan gagasan dan hipotesisnya mengenai astronomi. Salah satu pembahasannya adalah gravitasi. Ia mendukung teori sains yang menyatakan bahwa Matahari dan Bulan adalah objek angkasa yang terdiri dari material khusus.

Meskipun tidak secara langsung merujuk pada gaya gravitasi, pendapatnya mengenai pergerakan objek angkasa bisa dijadikan dasar bagi pemikiran ilmuwan di era setelahnya. Bukan hanya itu, ilmuwan yang ada di era 965 hingga 1040 ini juga menjadi penemu besar yang berjasa di bidang optik.