Comscore Tracker

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun 

Landak menjadi salah satu hewan peliharaan favorit, lho  

Apakah kamu pernah melihat hewan landak? Yap, hewan mungil dan lucu yang siap menusukmu dengan durinya yang tajam jika kamu berani mengganggung mereka. Meski banyak orang mengetahui hewan lucu satu ini, banyak hal mengenai landak yang mungkin belum kamu ketahui lho.

Dilansir dari Hedgehog Street dan Mental Floss, ini 7 fakta unik mengenai landak untuk kamu. Apa saja sih kira-kira fakta unik untuk binatang satu ini? 

1. Nama Hedgehog berasal dari suaranya

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun radio.wosu.org

Dalam bahasa Inggris, landak dinamakan Hedgehog. Namun, tahukah kamu bahwa nama tersebut sebenarnya berasal dari suara yang dihasilkan hewan ini.

Landak menghasilkan suara seperti mendengkur ketika melewati rerumputan dan pepohonan ketika mencari cacing dan serangga untuk dimakan. Oleh karena itulah hewan ini diberi nama yang terdiri dari dua kata, yaitu Hedge yang berarti pagar rumput-rumputan dan Hog yang berarti babi karena hewan ini melambangkan kemalasan.

2. Memiliki jumlah duri hingga 5000  

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun animals.howstuffworks.com

Setiap ekor landak memiliki jumlah duri dengan jumlah yang fantastis yaitu 5000 duri. Namun, duri ini tidak bertahan lama karena akan digantikan dengan duri baru setiap satu tahun sekali.

Hal ini mirip dengan sistem ganti kulit pada hewan mamalia dan serangga.

Baca Juga: Lagi Bad Mood? Lihat Kumpulan Foto Landak Mini yang Super Cute Ini!

3. Terdapat sekitar 17 spesies landak  

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun bucksherald.co.uk

Terdapat 17 spesies landak yang telah diketahui hingga saat ini. Di antara 17 spesies tersebut,  Landak African Pygmy (Atelerix albiventris) adalah spesies landak yang paling banyak dipelihara.

Landak ini memiliki berat sekitar 200 gram sampai 500 gram, serta ukuran tubuh sekitar 5 sampai 8 inci. Ukuran tubuhnya yang mungil membuatnya disenangi sebagai binatang peliharaan di rumah.

4. Termasuk hewan lactose intolerance  

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun abcnews.go.com

Lactose intolerance adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna gula atau karbohidrat pada susu. Oleh karena itu, untuk kamu yang memelihara landak di rumah jangan memberikan susu pada landakmu karena akan membuatnya menderita. 

5. Memiliki penglihatan yang buruk  

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun animals.net

Landak diketahui memiliki daya penglihatan yang buruk, hal ini membuat landak harus mengandalkan pendengaran dan penciumannya untuk hidup. 

6. Dulu disebut urchin

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun newscientist.com

Sekitar abad pertengahan, nama landak dalam bahasa inggris adalah urchin sebelum akhirnya diganti menjadi hedgehog. Hal ini menjelaskan mengapa, nama landak laut atau bulu babi dalam bahasa inggris adalah sea urchin.

7. Resisten terhadap racun ular  

7 Fakta Unik Landak, Hewan Imut Berduri yang Kebal Terhadap Racun stuff.co.nz

Baca Juga: Kenapa Kamu Gak Boleh Mencium Landak? Ini 11 Fakta Mengejutkannya!

Landak memiliki resistensi parsial terhadap racun ular, hal ini dikarenakan sebuah protein bernama Erinacin yang ada di dalam otot landak.

Namun, racun dalam jumlah besar ataupun gigitan pada bagian kepala tetap akan membuat landak merasa kesakitan atau bahkan mati. Meski begitu, kemampuan ini sangat berguna bagi landak terutama untuk bertahan hidup di hutan liar.

Nah, jadi itulah 7 fakta unik mengenai landak. Hewan lucu berduri ini sekarang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari karena tubuhnya yang mungil dan lucu. Apakah kamu juga tertarik memeliharanya?

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya