Terungkap, Ini 7 Bintang Paling Tua di Alam Semesta

Usianya hampir sama dengan jagad raya

Bintang merupakan benda langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri. Biasanya, kita bisa melihat bintang di malam hari yang menghiasi langit malam. Semua bintang yang ada di alam semesta lahir pada waktu yang berbeda-beda, dan yang paling tua memiliki usia hampir sama dengan alam semesta.

Big Bang, yang terjadi sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu, dianggap sebagai awal dari alam semesta. Beberapa ratus juta tahun kemudian, barulah bintang-bintang pertama terbentuk. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa bintang yang paling tua di alam semesta yang diketahui saat ini.

1. Caffau

Terungkap, Ini 7 Bintang Paling Tua di Alam Semestailustrasi bintang (unsplash.com/Nathan Anderson)

SDSS J102915+172927 juga dikenal sebagai Bintang Caffau, yang diambil dari nama pengamat utama bintang ini, yaitu Elisabetta Caffau. Bintang ini diperkirakan telah berusia 13 miliar tahun dan hampir seluruhnya terbuat dari helium dan hidrogen, dengan jumlah unsur kimia lain yang sangat rendah.

Dijelaskan dalam laman European Southern Observatory, Elisabetta Caffau dan timnya telah mencari bintang yang sangat miskin kandungan logam selama lebih dari satu dekade sebelum akhirnya menemukan SDSS J102915+172927. Ini tentu saja membuat Caffau dan timnya terkejut saat menemukan bintang di zona terlarang dari model pembentukan bintang.

2. HD 122563

Terungkap, Ini 7 Bintang Paling Tua di Alam Semestailustrasi bintang (unsplash.com/Federico Beccari)

HD 122563 termasuk salah satu bintang yang paling awal menghuni alam semensta, yang berusia sekitar 13 miliar tahun. Bintang ini diyakini sangat miskin kandungan logam. Kandungan logamnya yang rendah pertama kali diketahui pada tahun 1963. Komposisi HD 122563 sangat penting dalam memahami evolusi kimia galaksi.

Bintang ini juga sangat unik karena merupakan bintang miskin logam yang paling terang, menjadikannya dapat terlihat dengan mata telanjang meskipun jaraknya dari bumi adalah 772.90 tahun cahaya, menurut laman Universe Guide. Sekitar tahun 2005, para peneliti menemukan tujuh elemen penangkap neutron baru di HD 122563, yaitu Niobium, Molibdenum, Rutenium, Palladium, Perak, Praseodymium, dan Samarium.

3. HE 1523-0901

Terungkap, Ini 7 Bintang Paling Tua di Alam Semestailustrasi bintang (unsplash.com/Vincentiu Solomon)

Menurut laman Phys.org, pada tahun 2007, Anna Frebel menggunakan Very Large Telescope (VLT) untuk mencari bintang di galaksi kita yang dianggap tua. Dari hasil pengamatannya, ditemukanlah HE 1523-0901 yang dianggap merupakan bintang tertua yang ada di Bima Sakti. Perkiraan usia bintang ini adalah sekitar 13,2 miliar tahun.

Frebel menggunakan VLT ESO untuk mengukur kelimpahan unsur radioaktif uranium dan thorium di HE 1523-0901. Dia kemudian menggunakan teknik yang mirip dengan metode karbon-14, untuk menentukan usia HE1523-0901. Ini menjadi kali pertama peneliti mengukur usia bintang menggunakan thorium, uranium, europium, osmium, dan iridium.