6 Fakta Unik Katai Merah, Bintang yang Paling Banyak di Alam Semesta

Bintang dengan masa hidup hingga triliunan tahun

Bintang adalah objek luar angkasa yang dapat memancarkan cahaya. Ternyata terdapat beberapa macam bintang yang ada di alam semesta ini. Salah satunya adalah bintang katai merah.

Bintang katai merah ini merupakan salah satu bintang yang paling banyak ditemukan di alam semesta. Apakah bintang ini sama dengan Matahari yang menjadi bintang di tata surya kita? Penasaran? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Ukuran dan massanya kecil

6 Fakta Unik Katai Merah, Bintang yang Paling Banyak di Alam Semestailustrasi katai merah (NASA/ESA/STScI/G. Bacon)

Katai merah merupakan bintang yang memiliki ukuran dan massa lebih kecil dari Matahari. Dikutip dari NASA, bintang ini adalah bintang deret utama yang terkecil. Beberapa bintang katai merah yang bermassa rendah diperkirakan massanya hanya sepertiga dari massa Matahari.

2. Jenis bintang paling banyak ditemukan di alam semesta

6 Fakta Unik Katai Merah, Bintang yang Paling Banyak di Alam Semestailustrasi katai merah (NASA/David A. Aguilar (CfA))

Katai merah menjadi bintang yang paling banyak ditemukan di alam semesta. Dilansir dari NASA, katai merah ditemukan dalam jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan bintang lain yang lebih masif. Bahkan, katai merah menjadi bintang dengan sekitar 75% populasi diantara bintang yang ditemukan di galaksi Bima Sakti ini.

3. Bintang yang sangat redup

6 Fakta Unik Katai Merah, Bintang yang Paling Banyak di Alam Semestailustrasi katai merah (NASA/JPL-Caltech)

Meskipun katai merah menjadi bintang yang paling banyak ditemukan, tetapi bintang ini sangat redup. Dilansir dari Space.com, katai merah terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang. Hal ini dikarenakan suhu di katai merah hanya mencapai 3.500°C, dimana suhu di Matahari dapat mencapai 5.500°C. Suhu katai merah yang cukup rendah menandakan bintang ini jauh lebih redup dibandingkan bintang lainnya, seperti Matahari.