Comscore Tracker

Kucing 101: 5 Fakta Peaknose, Salah Satu Jenis Persia yang Pesek

Langsung pengen pelihara gak sih?

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak penggemarnya. Terbukti sudah banyak sekali orang yang memilih hewan lucu ini untuk dijadikan hewan peliharaan mereka, salah satunya adalah kucing peaknose. Kucing ini adalah jenis kucing persia yang paling banyak dipelihara karena punya bentuk wajah yang sangat imut dan bikin gemes, terutama bagian hidung yang pesek. Yuk simak 5 fakta unik tentang si imut peaknose berikut ini! 

1. Kucing peaknose adalah salah satu jenis kucing persia

Kucing 101: 5 Fakta Peaknose, Salah Satu Jenis Persia yang Pesekinstagram.com/_thecat.family

Kucing peaknose adalah salah satu jenis kucing persia. Saking populernya, kucing jenis ini sangat banyak dipelihara di berbagai belahan dunia. Kucing yang pertamakali di temukan di Iran ini sering diikut sertakan dalam berbagai kontes dengan keunikannya masing-masing. 

2. Jenis kucing yang pendiam dan pemalas

Kucing 101: 5 Fakta Peaknose, Salah Satu Jenis Persia yang Pesekinstagram.com/cote_chacha

Karena sifatnya yang manja, membuat kucing peaknose sangat suka berdiam diri dan bermalas-malasan. Bahkan mereka bisa tidur seharian lho! Kamu harus berbuat sesuatu agar kucing ini mau melakukan berbagai aktifitas seperti bermain dan bercanda denganmu. Jangan kerjaannya cuma tidur dan tidur terus ya pus. 

3. Ekspresi wajah yang terlihat selalu cemberut

Kucing 101: 5 Fakta Peaknose, Salah Satu Jenis Persia yang Pesekinstagram.com/bian.azhari26

Meskipun ekspresi wajah kucing peaknose terlihat selalu jutek, jangan salah mengira mereka kucing yang galak ya guys! Sebaliknya, justru mereka adalah kucing yang super jinak dan lebih kalem dibandingkan dengan kucing jenis lain. Ketika mereka sedang bermainpun ekspresinya akan tetap begitu kok. Tapi jangan khawatir, meskipun terlihat begitu kucing peaknose adalah kucing yang ramah. 

Baca Juga: Kucing 101: 7 Fakta Jaguar, Kucing Besar yang Mampu Bunuh Anakonda!

4. Lebih rentan sakit mata dibanding kucing jenis lain

Kucing 101: 5 Fakta Peaknose, Salah Satu Jenis Persia yang Pesekinstagram.com/dwinuryadi

Jika ada yang berpikir kalau kucing peaknose lebih mudah sakit mata dibanding kucing lain, jawabannya adalah ya. Mengutip purina, keadaan seperti itu disebabkan oleh:

  1. Debu/partikel yang mengakibatkan luka pada permukaan kornea mata karena bergesekan dengan rambut atau bulu di sekitar mata kucing.
  2. Tersumbatnya duktus nasolakrimalis (saluran yang mengalirkan air mata ke hidung). Akibat perubahan anatomi tulang wajah dan gigi kucing. Hal itu menyebabkan air mata yang keluar dari kelopak mata terus membasahi rambut di sekitar mata. Tapi jika sakit pada mata kucing bukan karena dua sebab tersebut, lebih baik bawalah kucingmu ke dokter hewan untuk pemeriksaan selanjutnya. 

5. Salah satu jenis kucing yang harganya selangit

Kucing 101: 5 Fakta Peaknose, Salah Satu Jenis Persia yang Pesekinstagram.com/fuku.cats

Jika kamu mendapatkan kucing peaknose tanpa membelinya, bersyukurlah. Karena ada harga yang cukup mahal untuk menebus si kucing imut ini. Semakin bulat dan pesek hidung kucing ini, maka akan semakin mahal pula harganya. Perawatannya pun tidak boleh asal-asalan dan pasti menelan biaya yang cukup banyak.

Dilansir dari kucingpedia, harga untuk kucing peaknose berumur 6 bulan yang sudah divaksin mencapai 13 juta rupiah. Sungguh harga yang cukup mahal untuk seekor kucing, tapi untuk seorang pecinta kucing mungkin harga tersebut bukanlah masalah, melihat kualitas kucing tersebut yang memang pantas dihargai tinggi. 

Nah itulah 5 fakta unik si imut peaknose. Sebelum kamu ingin mengadopsi atau membeli kucing ini setidaknya kalian sudah tahu beberapa informasinya agar kalian mengerti. Jangan lupa rawatlah dengan baik dan benar agar kucingmu tumbuh dengan sehat. 

Baca Juga: Kucing 101: 5 Jenis Kucing Tanpa Bulu yang Cocok Kalau Kamu Alergi

Fujia Fujia Photo Writer Fujia Fujia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya