Comscore Tracker

5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruang

Jangan pernah memanggil mereka Eskimo!

Kebanyakan orang beranggapan, kalau wilayah kutub seperti Kutub Selatan dan Kutub Utara adalah wilayah kosong tak berpenghuni. Ya kalau dipikir-pikir, siapa juga yang mau tinggal di tempat sedingin itu? Tapi serius deh, ternyata dua kutub Bumi berpenghuni lho! 

Di Kutub Selatan misalnya, dihuni oleh sekitar empat ribu jiwa. Sedangkan penduduk Kutub Utara justru jauh lebih banyak yakni sekitar empat juta jiwa. Kebanyakan penduduk di Kutub Utara adalah penduduk desa, sedangkan sisanya adalah suku asli seperti suku Inuit atau yang dikenal dengan Eskimo. Siapa mereka? Dilansir dari listverse.com, berikut ini lima fakta suku Inuit, suku asli dari Kutub Utara!

1. Jangan pernah memanggil mereka Eskimo 

5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruangwikipedia.org

Nama Inuit mungkin terdengar asing, dan ketimbang Inuit, orang mungkin lebih familiar dengan Eskimo. Suku Inuit adalah suku yang tinggal di wilayah lingkar Arktik. Sebagian orang-orang ini tinggal di Kanada Utara dan Greenland.

Nah kalau suatu saat kamu punya kesempatan untuk mengunjungi mereka, pastikan kamu enggak menyebut mereka dengan nama Eskimo, karena mereka menganggapnya sebagai penghinaan dan rasis. Kata 'Eskimo' sendiri konon diberikan oleh orang Prancis atau Denmark, dan memiliki arti 'Pemakan Daging'. Sebagai gantinya, kamu bisa menyebut mereka dengan nama Inuit yang memiliki arti 'Orang-Orang'.

2. Suku Inuit menyapa orang dengan cara yang unik 

5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruangpsychologytoday.com

Berbeda dengan kebanyakan orang, suku Inuit di Kutub Utara memiliki cara yang unik untuk menyapa orang lain, yaitu dengan cara saling menempelkan hidung. Sekilas, apa yang mereka lakukan tampak seperti menggosokkan hidung.

Tapi sebenarnya, mereka sedang mengendus pipi dan rambut untuk mengingat aroma orang yang ada di depannya. Dalam budaya Inuit, cara ini dikenal dengan nama Kunik. Dan meski Kunik digunakan untuk menyapa orang lain, tapi seorang Inuit hanya menggunakan cara ini untuk menyapa mereka yang benar-benar dekat dengannya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Perbedaan Kutub Utara vs. Kutub Selatan, Sudah Tahu?

3. Mereka bisa makan segalanya, termasuk beruang kutub 

5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruangunsplash.com/Hans-Jurgen Mager

Tinggal di tempat yang bersuhu hingga -49 derajat celcius gak selalu mudah. Selain dingin, orang-orang Inuit juga kesulitan mencari makanan normal seperti apa yang kita makan setiap hari. Bagaimana bisa mudah, dengan suhu menggigit, orang Inuit gak bisa berternak sapi atau ayam.

Mereka juga gak bisa berkebun karena sayuran atau tanaman lain gak bisa bertahan di suhu sedingin itu. Sebagai gantinya, orang Inuit mengonsumsi hewan apa pun yang mereka temukan, mulai dari ikan, walrus, anjing laut, bahkan beruang kutub jika mereka berhasil mendapatkannya.

Biasanya daging hewan ini diolah dengan cara diasap, dikeringkan, atau dimasak dengan minyak. Beberapa jenis ikan bahkan dimakan mentah-mentah setelah ditangkap. 

4. Orang Inuit adalah pemburu yang hebat 

5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruangoutpostmagazine.com

Tinggal di lingkungan yang keras dan berhadapan dengan beruang kutub membuat suku Inuit bertransformasi jadi pemburu yang hebat. Saat mendapatkan hewan buruan, orang Inuit gak cuma memanfaatkan dagingnya, tapi juga mengambil taring, tulang, dan bagian tubuh yang keras lain untuk dijadikan senjata.

Perempuan Inuit biasanya selalu membawa Ulu, sebuah pisau lengkung yang bisa digunakan untuk memotong daging beku. Sedangkan laki-laki di suku Inuit membawa Kakivak saat mereka berburu. Kakivak ini adalah senjata sejenis tombak bercabang tiga yang tajam dan digunakan untuk berburu.

5. Dan berjasa dalam menemukan banyak hal 

5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruangwikipedia.org

Kalau kamu suka jalan-jalan ke pantai, dan main perahu kano, kayaknya kamu perlu kenalan deh sama penemunya. Yup, kamu gak salah, suku Inuit adalah penemu kano yang sering kita gunakan saat liburan di pantai. Awalnya kano dibuat dari kayu dan kulit anjing laut yang anti air, dan digunakan untuk mencari ikan di perairan yang dingin.

Lambat laun, kano mulai populer dan digunakan di pantai untuk sarana rekreasi. Selain kano, kacamata hitam juga ditemukan oleh suku Inuit ribuan tahun yang lalu. Mereka membuat kacamata hitam dari tulang dan tanduk hewan untuk melindungi mata dari sinar matahari.

Suku Inuit atau yang oleh orang luar dikenal dengan nama Eskimo, adalah salah satu suku asli Kutub Utara yang masih bertahan hingga saat ini. Sedihnya, nasib mereka sama seperti kebanyakan suku lain di dunia. Di tengah kemajuan, banyak orang Inuit hidup dalam kemiskinan dan menerima perlakuan rasis dari orang luar.

Baca Juga: 7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya