Comscore Tracker

Luar Biasa, 5 Kawah Ini Terbentuk dari Meteor Terbesar di Dunia

Sebesar apa, ya?

Meteor adalah fenomena alam yang luar biasa menakjubkan, namun berbahaya. Bagaimana tidak, sebagaimana kita ketahui, spesies dinosaurus punah dalam sekejap karena hantaman hujan meteor.

Namun, pernahkah kamu mengetahui, sebenarnya meteor apa yang terbesar dan pernah menghantam bumi? Selain itu, apa buktinya? Nah, kita akan membahas lima kawah terbesar yang muncul akibat hantaman meteor seperti dikutip dari National Geographic. Mari simak artikel berikut ini agar wawasanmu bertambah!

1. Vredefort

Luar Biasa, 5 Kawah Ini Terbentuk dari Meteor Terbesar di DuniaOrangesmile.com

Siapa sangka bahwa kawah seluas 190 kilometer di Afrika Selatan ini adalah salah satu hasil dari hantaman meteor terbesar di dunia. Diperkirakan, Kawah Vredefort ini terbentuk 2 miliar tahun yang lalu lewat hantaman meteorit yang menghantam bumi.

Karena luasnya yang sangat luar biasa, akhirnya kawah ini masuk ke dalam daftar warisan dunia milik UNESCO sejak 2005 lalu. Kira-kira sebesar apa, ya, meteorit yang membentuk Kawah Vredefort ini?

2. Sudbury

Luar Biasa, 5 Kawah Ini Terbentuk dari Meteor Terbesar di DuniaUnsplash.com/AverieWoodard

Kawah kedua ini berada di daratan Eropa, atau lebih tepatnya di Ontario, Kanada. Kawah ini terbentuk lewat hantaman meteorit yang terjadi sekitar 1,8 miliar tahun lalu. Kawah Sudbury ini memiliki luas cekungan sekitar 130 kilometer.

Dengan begitu, Sudbury pantas menempati posisi kedua setelah Vredefort. Hingga kini, salah satu serpihan meteorit dari Sudbury masih tersimpan sebagai bukti sejarah.

Baca Juga: 4 Fenomena Alam Vital Bagi Kehidupan yang Mungkin Gak Kamu Sadari

3. Manicouagan

Luar Biasa, 5 Kawah Ini Terbentuk dari Meteor Terbesar di DuniaCraterexplorer.ca

Kawah ketiga ini juga masih berasal dari Kanada, lebih tepatnya di Quebec, Kanada. Kawah ini kini menjadi danau Manicouagan yang sangat besar dengan luas yang mencapai 100 kilometer.

Kawah ini menjadi bekas hantaman dari meteorit yang menghantam bumi, sekitar 215 juta tahun lalu. Meski sudah berumur ratusan tahun, tetap saja penampakan Manicouagan tidak berubah signifikan.

4. Acraman

Luar Biasa, 5 Kawah Ini Terbentuk dari Meteor Terbesar di DuniaBBC.co.uk

Danau Acraman atau Kawah Acraman adalah sebuah kawah yang terletak di Australia Selatan. Kawah Acraman terbentuk sekitar 580 juta tahun yang lalu karena hantaman meteorit yang menyerang bumi di waktu yang bersamaan. Akibat hantaman meteorit tersebut, terbentuklah danau Acraman yang memiliki luas sekitar 90 kilometer.

5. Woodleigh

Luar Biasa, 5 Kawah Ini Terbentuk dari Meteor Terbesar di DuniaMining.com

Kawah yang satu ini memiliki cekungan yang cukup sempurna. Terletak di padang pasir di Australia Barat, membuat kawah ini tampak seperti cekungan biasa. Namun meski terlihat biasa saja, luas dari kawah ini luar biasa. Kawah ini memiliki luas sekitar 40 hingga 120 kilometer.

Itulah kelima kawah terbesar hasil bentukan meteorit yang menghantam bumi. Menakjubkan, bukan?

Baca Juga: Unik dan Menakjubkan, Ini 5 Fenomena Alam Ini Cuma Ada di Gurun

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You