Comscore Tracker

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwa

Bisa mendengar suara dengan frekuensi yang luas

Manusia bisa mendengar suara dengan rentang frekuensi dari 20 Hz ke 20 kHz. Meski begitu, ini tidak ada apa-apanya dengan beberapa hewan yang memiliki indra pendengaran tajam. Bahkan, hewan-hewan ini memakai indra pendengarannya untuk memandu arah dan berburu mangsa!

Mau tahu, hewan apa saja yang memiliki indra pendengaran yang sangat tajam? Intip di sini, yuk!

1. Gajah

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwaworldwildlife.org

Telinganya yang besar ternyata berkorelasi dengan indra pendengaran yang baik. Gajah bisa mendeteksi suara dari 14-16 Hz hingga 12.000 Hz, tutur laman Seaworld Parks & Entertainment. Bahkan, gajah bisa mengenali panggilan dan suara gajah lain dari radius 1 hingga 1,5 km!

Umumnya, hewan berkepala besar dan bertelinga lebar bisa mendengar suara dengan frekuensi rendah. Mengapa? Sebab, mereka memiliki saluran telinga lebih panjang, membran timpani lebih luas dan telinga tengah yang lebih besar.

2. Kuda

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwaahomeforeveryhorse.com

Mau tahu, seberapa tajam indra pendengaran kuda? Kuda bisa mendengar suara dari frekuensi rendah hingga tinggi, yakni dari 14 Hz hingga 25 kHz, tutur laman Horses Extension. Bahkan, telinga kuda bisa bergerak hingga 180° memakai 10 otot yang berbeda, supaya bisa mendeteksi ancaman dan segera berlari menjauh.

Ada tiga fungsi utama telinga kuda, yakni mendeteksi suara, menentukan lokasi suara dan memberikan informasi sensorik supaya kuda bisa mengenali identitas suara. Saking sensitifnya, kuda bisa mendengarkan perintah dari pemiliknya walau diucapkan dengan volume rendah.

3. Merpati

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwaaudubon.org

Bisa dibilang, burung merpati termasuk hewan yang cerdas. Berkat kemampuan navigasinya, di masa lalu burung merpati dimanfaatkan untuk mengantar surat. Selain itu, burung merpati memiliki indra pendengaran yang tajam dan bisa mendeteksi suara dalam kisaran infrasonik, tutur laman One Kind Planet.

Setidaknya, burung merpati bisa mendengar suara mulai dari 0,5 Hz. Karena lebih sensitif dari manusia, burung merpati bisa mendengar badai atau suara erupsi gunung berapi yang jaraknya jauh, ungkap laman Hidden Hearing.

4. Ngengat

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwanypost.com

Menurut peneliti, ngengat lilin besar (Galleria mellonella) bisa mendengarkan frekuensi suara hingga 300 kHz. Riset ini dilakukan oleh Dr. James Windmill beserta timnya dari University of Strathclyde Centre for Ultrasonic Engineering dan dikutip oleh laman Earth Sky.

Apa fungsi indra pendengaran yang tajam bagi ngengat? Menurut para peneliti, ngengat akan meningkatkan komunikasi antar satu dengan yang lain untuk menghindari kelelawar, pemangsa alami mereka. Ini merupakan bentuk adaptasi supaya mereka terhindar dari predator.

5. Burung hantu

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwaebird.org

Di mana letak telinga burung hantu? Telinganya memang tak mempunyai struktur eksternal yang jelas dan tersembunyi di balik bulunya.

Sama seperti mamalia, telinganya memiliki tiga bagian, yakni telinga luar, tengah dan dalam. Menurut laman British Trust For Ornithology, burung hantu berjenis barn owl memiliki indra pendengaran terbaik.

Karena sensitivitas indra pendengarannya, burung hantu bisa menangkap mangsanya dengan akurat. Indra pendengarannya sangat membantu mereka untuk berburu di tengah kegelapan malam. Bahkan, ia bisa melacak pergerakan mangsanya lewat suara gesekan daun di tanah!

Baca Juga: Miris! 16 Jenis Burung Bangkai ini Terancam Punah akibat Ulah Manusia

6. Anjing

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwawashingtonpost.com

Seberapa baik indra pendengaran anjing? Menurut Stanley Coren, Ph.D dalam bukunya yang berjudul “How Dogs Think,”  indra pendengaran anjing ratusan kali lebih baik dari manusia. Manusia hanya bisa mendengar hingga 20 kHz, tetapi anjing bisa sampai 47-65 kHz, tutur laman American Kennel Club.

Itulah mengapa anjing bisa menyambut pemiliknya saat pulang ke rumah dengan ekor bergoyang antusias. Sebab, langkah kaki dan deru mesin kendaraan kita telah didengar oleh anjing dari kejauhan. Sehingga, ia bisa mempersiapkan diri untuk menyambut pemiliknya, ujar laman Hidden Hearing.

7. Kucing

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwacatsonbroadwayhospital.com

Telinganya yang besar dan tegak adalah jawaban mengapa kucing memiliki indra pendengaran yang baik. Menurut penelitian, kucing bisa mendengar hingga 64 kHz atau sekitar 1,6 oktaf di atas manusia dan bahkan 1 oktaf di atas jangkauan anjing.

Ini mengacu pada studi berjudul "How Well Do Dogs and Other Animals Hear?" yang dilakukan oleh peneliti dari Louisiana State University. Saat mendengar suatu suara, telinga kucing akan berputar ke arah itu. Sehingga, tanpa menoleh atau menggerakkan badan sekalipun, kucing tahu suara itu berasal dari mana.

8. Lumba-lumba

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwadailyhive.com

Lumba-lumba tak hanya dikenal karena kecerdasannya, tetapi juga indra pendengarannya yang canggih. Mereka memakai ekolokasi untuk "mendengar", mirip dengan kelelawar. Lumba-lumba akan memantulkan suara lewat cicitan ke air, lalu suara ini memantul dan diterima oleh rahang bawahnya, jelas laman Sciencing.

Suara ini tak hanya digunakan untuk berburu, tetapi juga untuk menghindari bahaya yang ada di depan, ungkap laman Hidden Hearing. Setelah diteliti, rupanya jangkauan pendengaran lumba-lumba adalah 20 Hz hingga 150 kHz atau tujuh kali lebih baik dari manusia.

9. Tikus

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwagetwallpapers.com

Tikus bisa mendengar suara ultrasonik alias frekuensi tinggi. Menurut penelitian, tikus bisa mendengar dari 200 Hz hingga 80-90 kHz, dilansir dari laman Rat Behavior. Berkat telinganya yang dekat dengan tubuh, tikus bisa menentukan secara pasti dari mana suara itu berasal.

Lebih lanjut, tikus mengeluarkan suara di rentang 20 kHz ketika mereka stres atau tidak bahagia. Bahkan, bayi tikus bisa mengeluarkan suara hingga 30-50 kHz. Suara ini berfungsi sebagai panggilan darurat, misalnya saat mereka tak sengaja diinjak oleh induknya sendiri dan meminta pertolongan.

10. Kelelawar

10 Hewan dengan Indra Pendengaran Terbaik, Superpower Dunia Satwawallpaperflare.com

Kelelawar sering disebut "melihat dengan telinga". Sebab, indra pendengarannya sangat tajam dan akurat! Kelelawar bisa mendengar suara ultrasonik dan memakai keahliannya untuk berburu mangsa. Cara kerjanya, telinga kelelawar akan berputar ke arah sumber gema lalu mengumpulkan suara yang dipantulkan, ujar laman Sonova.

Berkat gema ini, mereka bisa memperkirakan apa yang ada di kegelapan. Menurut Stefan Launer, peneliti audiologi dari Audiology & Health Innovation, kelelawar terbantu dengan protein prestin, molekul pada sel-sel rambut telinga dalam untuk menargetkan dan memperkuat frekuensi suara.

Nah, itulah 10 hewan yang memiliki indra pendengaran yang paling tajam. Semoga bisa menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: 10 Burung yang Terbang dengan Kecepatan Tinggi, Ngebut di Angkasa

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya