Comscore Tracker

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!

Pernahkah kamu temui burung-burung ini?

Burung adalah salah satu jenis hewan yang sangat menarik untuk dipelajari. Diperkirakan ada sekitar 18 ribu spesies burung di seluruh dunia. Sebagian besarnya sudah diketahui. Namun, bukan berarti mereka gak bisa mengejutkan kita, loh.

Beberapa di antaranya seperti enam spesies burung berikut ini. Penampilan uniknya bakal bikin kamu terpana. Jangan salah, keunikan mereka gak sekadar ukuran atau warna bulunya, loh. Memangnya seberapa unik, sih? Ini dia ulasannya.

1. Long-wattled umbrellabird

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!cornell.edu

Kurang unik apa lagi penampilan burung ini? Jambulnya lebar seperti payung dan di lehernya ada pial panjang yang menjuntai ke bawah persis seperti dasi.

Panjang pialnya tersebut bisa mencapai 45 cm. Namun, mereka bisa memendekkannya sesuka hati. Saat sedang terbang, pialnya akan ditarik hingga memendek.

Hanya umbrellabird jantan yang memiliki pial panjang. Sementara, betinanya punya pial yang jauh lebih pendek atau bahkan gak sama sekali.

Pial tersebut digunakan untuk membuat panggilan pada betina saat musim kawin. Habitat burung ini adalah di Amerika Selatan, khususnya Ekuador. Namun, mereka termasuk hewan terancam karena populasinya yang terus menurun.

2. Bangau marabou

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!mnn.com

Bangau marabou sering dianggap sebagai burung terjelek di dunia. Sebagian orang pun menyebut mereka menyeramkan.

Kepala dan lehernya botak dan bagian wajahnya terlihat seperti luka membusuk. Mereka juga punya pial besar berwarna pink dan kakinya tampak sangat kurus jika dibandingkan dengan tubuhnya. Unik, ya!

Kelakuan mereka pun terbilang aneh. Mereka gak hanya memakan bangkai, tapi juga kotoran hewan. Mereka pun mendinginkan diri dengan cara membuang kotoran di kakinya sendiri. Namun, di samping semua hal itu, bangau marabou memegang peranan penting untuk membersihkan ekosistem di sekitar mereka, loh.

3. Frogmouth

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!reddit.com

Kamu pasti bisa menebak kenapa burung ini disebut frogmouth. Ya, paruhnya yang lebar dan pendek terlihat lebih mirip mulut kodok, daripada burung. Matanya yang besar juga menambah keunikan burung ini. Mereka memang mirip burung hantu, tapi frogmouth sebenarnya berkerabat lebih dekat dengan burung jay.

Baca Juga: 5 Fakta Albatros, Burung dengan Sayap Terlebar di Dunia

4. Greater sage-grouse

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!thedenverchannel.com

Ketika melihat gambar burung greater sage-grouse di atas, kamu mungkin bertanya-tanya benda apa yang ada di bagian dadanya. Itu adalah kantong dada yang bisa membesar jika diisi udara.

Kantong dada tersebut digunakan oleh burung jantan pada musim kawin. Si jantan akan mengembang-kempiskan kantong dadanya sambil membuat suara yang unik demi menarik perhatian betina. Selain kantong dadanya, burung ini juga terbilang unik karena ukuran kepalanya yang sangat kecil jika dibanding dengan badannya.

5. Cikalang elok

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!nhpbs.org

Cikalang elok atau yang disebut magnificent frigatebird dalam bahasa inggris memiliki satu ciri yang sangat unik. Apa itu? Kamu pasti bisa menebaknya. Ya, itu adalah kantung besar berwarna merah yang berada tepat di lehernya.

Seperti greater sage-grouse, fungsi kantong cikalang elok pun sama, yaitu digunakan oleh pejantan untuk menarik perhatian betinanya. Si betina sendiri memiliki penampilan yang cukup normal, dengan dada putih dan tanpa kantong besar di lehernya.

6. Shoebill

6 Burung dengan Penampilan Terunik, Ada yang seperti Pakai Dasi!edgeofexistence.org

Shoebill secara harfiah berarti 'paruh sepatu'. Konon, nama itu diberikan kepada burung ini karena paruhnya yang besar mirip sepatu. Ukuran paruhnya bisa mencapai panjang 24 cm dan lebar 10 cm. Burung ini pun dianggap sebagai burung dengan paruh terbesar di dunia.

Burung ini berhabitat di Afrika tengah dan timur. Makanannya adalah ikan, ular, tikus, dan kadal yang ditangkap menggunakan ujung paruhnya yang melengkung lancip. Keunikan lain burung ini adalah mereka suka diam dalam waktu yang lama, persis seperti patung.

Itulah enam burung dengan penampilan terunik di dunia. Kalau menurutmu, yang mana yang paling unik?

Baca Juga: 6 Fakta Lovebird, Burung Setia yang hanya Memiliki Satu Pasangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya