Comscore Tracker

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!

Lidah hewan punya beragam fungsi unik lho

Lidah adalah anggota tubuh yang sangat penting bagi manusia. Lidah tidak hanya berfungsi sebagai pengecap rasa, tapi juga membantu kita mengunyah makanan dan berbicara dengan lancar. Bahkan lidah juga bisa jadi petunjuk jika ada suatu penyakit di dalam tubuh kita.

Gak hanya manusia, banyak hewan juga memiliki lidah. Apakah fungsinya sama seperti lidah kita? Tentu karena jenis hewan ada begitu banyak, fungsi dan bentuk lidah setiap hewan pun bisa berbeda-beda, dan beberapa di antaranya sangat unik dan menakjubkan. Apa saja contohnya? Ini dia ulasannya.

1. Bunglon

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!thinglink.com

Bunglon sudah pasti ada di daftar ini, karena mereka adalah salah satu hewan dengan lidah terpanjang di dunia. Panjang lidah mereka bisa mencapai hampir dua kali panjang tubuhnya! Itu ibarat seseorang dengan tinggi 170 cm yang memiliki lidah sepanjang 3,4 meter. Waduh!

Selain panjang, lidah bunglon juga memiliki ujung yang lengket, dan mereka menggunakannya untuk menangkap serangga. Lidah mereka juga cukup kuat, karena bunglon bisa menangkap serangga yang berukuran maksimal sepertiga berat badannya sendiri dan langsung menariknya masuk mulut.

2. Flamingo

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!toughlittlebirds.com

Selain fakta bahwa mereka memiliki bulu berwarna pink yang ngejreng, apa keunikan lain yang dimiliki flamingo? Lidah flamingo ternyata memiliki duri-duri kasar yang membantunya menyaring makanan mereka yaitu udang krill dari air. Duri-duri tersebut ternyata tersusun dari jaringan erektil, alias jaringan yang bisa mengeras.

Jaringan tersebut akan mengalami ereksi alias mengeras saat flamingo mencari makan. Ilmuwan memperkirakan bahwa hal itu berfungsi untuk membantu menstabilkan kepala mereka, karena flamingo mencari makan sambil membenamkan kepala mereka di dalam air.

3. Salamander Doflein

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!iucnredlist.org

Salamander Doflein adalah sejenis salamander yang hidup di kawasan Amerika Tengah. Salamander ini makan serangga dengan cara menjulurkan lidahnya yang panjang untuk menangkap mereka, persis seperti bunglon. Lalu apa istimewanya mereka?

Salamander Doflein bisa menangkap serangga dalam waktu yang jauh lebih cepat daripada bunglon, yaitu hanya 7 milidetik! Rasio daya per massa otot lidah salamander ini adalah 18.000 watt per kg, rekor terhebat di dunia binatang. Jadi meski kecil, bisa dibilang bahwa otot lidah mereka adalah yang terkuat di dunia.

Baca Juga: 6 Hewan dengan Mata Terbanyak, Ada yang Punya Seribu Mata!

4. Ular

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!summitpost.org

Ular mungkin adalah hewan yang sudah kamu kenal sejak dulu dan sering kamu pelajari, tapi mereka tetap bisa membuat kita kagum. Lidah ular tergolong unik tidak saja karena bentuknya yang bercabang, tapi juga karena kemampuannya untuk mencium bau.

Ya, ular memang bisa mencium dengan hidungnya, tapi lidah mereka bahkan bisa mencium dengan lebih baik. Itu karena ular memiliki organ penciuman di mulut mereka yang disebut organ vomeronasal. Maka jika kamu melihat ular sedang menjulurkan lidahnya, itu artinya indera penciumannya sedang bekerja.

5. Kura-kura aligator

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!saportareport.com

Kura-kura aligator adalah sejenis kura-kura air tawar endemik Amerika Serikat. Penampilannya sangar dan ukurannya cukup besar, dan mereka bisa berbahaya bagi manusia karena paruhnya yang tajam dan gigitannya yang sangat kuat.

Karena kura-kura aligator adalah karnivora, maka yang perlu berhati-hati terhadap mereka khususnya adalah ikan. Tapi justru ikan-ikan kecil kerap masuk ke mulut mereka dengan sengaja dan akhirnya jadi santapan. Kenapa?

Itu karena kura-kura ini memiliki lidah yang unik. Bentuknya kecil dan berwarna pink, sehingga ikan-ikan yang tertipu pun mengira itu adalah cacing. Setelah mangsanya terpancing masuk, kura-kura ini pun akan menggigitnya dengan kekuatan yang bisa mematahkan sebatang kayu.

6. Kadal lidah biru

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!abc.net.au

Kadal lidah biru adalah jenis kadal dari genus Tiliqua yang hidup di Australia dan Indonesia bagian Timur. Mereka mendapatkan namanya tentu karena lidahnya yang berwarna biru. Tapi apa manfaatnya punya lidah dengan warna seperti itu?

Rupanya, lidah biru tersebut digunakan untuk pertahanan. Saat ada predator, kadal ini akan menjulurkan lidah birunya keluar untuk menakuti dan membingungkan si penyerang. Warna biru lidahnya plus suara desisan yang mereka buat biasanya cukup untuk membuat predatornya mengurungkan niat dan mencari mangsa yang lain.

7. Paus biru

7 Hewan dengan Lidah Terunik, Ada yang Lebih Panjang Dari Tubuh!antarctica.gov.au

Apa yang istimewa dari lidah paus biru? Yaitu fakta bahwa lidah mereka adalah yang terbesar di dunia. Gak mengherankan, karena memang paus biru adalah hewan terbesar di dunia, dengan panjang tubuh hingga 30 meter dan berat 200 ton.

Seberapa besar lidah mereka? Panjangnya bisa mencapai 5,5 meter dan beratnya 2,7 ton alias seberat gajah dewasa! Meski ukurannya luar biasa, lidah paus biru hanya digunakan untuk menyaring makanan mereka yaitu krill alias semacam udang kecil.

Itulah tujuh hewan di dengan lidah paling unik dan luar biasa di dunia. Apakah kamu tahu hewan lain dengan lidah yang gak kalah menakjubkan? Boleh tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: 6 Hewan dengan Gigi Unik, Ada Tumbuh dari Lidahnya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya