Comscore Tracker

Bertubuh Besar, 5 Hewan Ini Ternyata Pemakan Hewan yang Sangat Kecil 

Badannya besar, tapi kok makanannya kecil? 

Dalam dunia hewan, hal yang wajar jika hewan karnivor bertubuh besar memangsa hewan berukuran besar pula, misalnya singa yang memangsa zebra atau anakonda yang memangsa rusa. Itu karena mereka butuh banyak kalori untuk tubuhnya yang besar dan kalori tersebut dapat dipenuhi dari mangsa yang besar pula.

Namun, hal yang sebaliknya pun kerap terjadi. Beberapa karnivor bertubuh besar rupanya lebih senang makan hewan yang berukuran sangat kecil. Makanya, mereka tentu butuh makan dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhannya. Inilah contoh lima hewan besar yang memangsa hewan yang sangat kecil sebagai makanan utamanya.

1. Paus balin 

Bertubuh Besar, 5 Hewan Ini Ternyata Pemakan Hewan yang Sangat Kecil bbc.com

Secara umum, paus terbagi menjadi dua jenis, yaitu paus bergigi dan paus balin. Paus bergigi memiliki gigi dan memangsa hewan, seperti ikan dan cumi-cumi. Adapun, contoh paus bergigi yaitu paus sperma. Sementara, paus balin tidak memiliki gigi tetapi memiliki balin, semacam tulang yang berstruktur seperti sikat untuk menyaring makanan.

Beberapa contoh paus balin, yaitu paus biru dan paus bungkuk. Mereka menggunakan balinnya untuk menyaring makanan berupa krill, plankton, dan ikan kecil. Makanya, perbandingan antara ukuran tubuh paus balin dengan makanannya sangat jauh berbeda.

Paus biru, misalnya, memiliki ukuran panjang hingga 32 meter dan berat 200 ton. Sementara, krill yang jadi makanannya hanya berukuran sekitar 1-2 cm saja. Itu sebabnya, untuk memenuhi kebutuhan makanannya, laman Whale Facts menyebut bahwa paus biru harus mengonsumsi hingga 40 juta ekor krill per hari atau setara dengan 3,6 ton makanan per hari!

2. Hiu paus 

Bertubuh Besar, 5 Hewan Ini Ternyata Pemakan Hewan yang Sangat Kecil abc.net.au

Seperti paus balin, hiu paus (Rhincodon typus) juga mengonsumsi hewan kecil sebagai makanan utamanya. Meskipun termasuk hiu dan berukuran hingga lebih dari 12 meter, hiu yang satu ini tidak perlu ditakuti.

Sambil membuka mulutnya lebar-lebar, hiu paus akan menyaring plankton, krill, dan ikan kecil dari air laut. Laman National Geographic menyebut bahwa ikan terbesar di dunia ini merupakan hewan yang lembut dan toleran terhadap penyelam. Namun, justru keberadaan mereka yang terancam akibat perburuan oleh manusia.

Baca Juga: Suka Pilih-pilih, 6 Hewan Ini Hanya Makan Satu Jenis Makanan

3. Ikan pari manta raksasa 

Bertubuh Besar, 5 Hewan Ini Ternyata Pemakan Hewan yang Sangat Kecil awesomeocean.com

Namanya saja manta pari raksasa, tentu ukuran ikan ini sangat besar. Ikan pari biasanya tidak diukur panjangnya, tetapi lebarnya. Sementara, ikan ini adalah yang terbesar di antara semua pari dengan lebar mencapai 8,8 meter dan berat 2,4 ton.

Namun, seperti paus balin dan hiu paus, raksasa ini juga hanya makan plankton dan hewan kecil lainnya. Memanfaatkan gerakan siripnya, ikan pari ini berenang sambil mengarahkan lebih banyak air laut beserta makanan masuk ke dalam mulutnya.

4. Pemakan semut raksasa 

Bertubuh Besar, 5 Hewan Ini Ternyata Pemakan Hewan yang Sangat Kecil dwazoo.com

Hewan ini disebut beruang semut mungkin karena tubuhnya yang besar dan berbulu mirip beruang. Namun sebenarnya, pemakan semut raksasa (Myrmecophaga tridactyla) adalah hewan kerabat kungkang. Ukuran mereka dari kepala hingga ekor bisa mencapai lebih dari 2 meter, sementara bobotnya sekitar 63 kg.

Namun, namanya pemakan semut, tentu hewan berbadan besar ini makan semut sebagai makanan utamanya. Selain itu, mereka juga makan rayap. Mereka makan dengan cara memasukkan lidahnya yang panjang dan lengket ke dalam sarang semut atau rayap.

Laman National Geographic menyebut bahwa mereka bisa makan hingga 35 ribu semut dan rayap setiap hari!

5. Beruang madu 

Bertubuh Besar, 5 Hewan Ini Ternyata Pemakan Hewan yang Sangat Kecil scitecheuropa.eu

Kalau yang satu ini memang benar-benar spesies beruang. Sesuai namanya, beruang madu (Helarctos malayanus) suka makan madu dari sarang lebah. Namun, mereka juga suka makan lebah itu sendiri. Selain itu, mereka juga suka makan hewan kecil lain, seperti rayap, semut, dan larva serangga.

Cara beruang madu makan pun mirip dengan pemakan semut yaitu menggunakan lidahnya yang panjang. Lidah beruang madu bisa mencapai panjang 25 cm! Gak heran jika lidah itu bisa masuk ke sarang serangga dengan mudah.

Itulah lima jenis hewan yang meski berbadan besar, ternyata suka makan hewan yang sangat kecil. Pastinya mereka butuh makan dalam jumlah sangat banyak supaya kenyang, ya!

Baca Juga: Hebat, 6 Hewan Ini Sanggup Memangsa Hewan yang Berukuran Lebih Besar 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya